PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH MA'ARIF NAHDLATUL ULAMA' (NU) KOTA BLITAR

IZMI BAROKATUL HAFIDZAH, 17201163460 (2020) PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH MA'ARIF NAHDLATUL ULAMA' (NU) KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (816kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (713kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran keagamaan khususnya Akidah Akhlak dikarenakan beberapa faktor. Faktor tersebut adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik sehingga peserta didik belum terlibat dalam proses pembelajaran. Inovasi diperlukan dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan metode hypnoteaching. Metode Hypnoteaching merupakan suatu metode pembelajaran yang membantu peserta didik untuk fokus dan rileks dalam pembelajaran dengan memberikan suatu sugesti positif (dalam kondisi otak Alpha) dengan suatu perlakuan yang berkaitan dengan pikiran bawah sadar sehingga mampu mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menjelaskan pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas X di MA Ma’arif NU Kota Blitar tahun ajaran 2019/2020. 2) untuk menjelaskan pengaruh metode hypnoteaching terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas X di MA Ma’arif NU Kota Blitar tahun ajaran 2019/2020. 3) untuk menjelaskan pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi dan prestasi belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas X di MA Ma’arif NU Kota Blitar tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya Eksperimen Semu (Quasi Experiment), variabel bebas penelitian ini adalah metode hypnoteaching (X), dan variabel terikatnya adalah motivasi belajar (Y_1) dan prestasi belajar (Y_2). Populasi : seluruh peserta didik kelas X di MA Ma’arif NU Kota Blitar yang berjumlah 238 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan penelitian adalah purposive sampling, sampel 51 peserta didik, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sumber data primer penelitian ini adalah angket dan tes peserta didik kelas eksperimen dan kontrol, dan data sekunder penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, serta arsip-arsip kegiatan yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian 1) Ada pengaruh yang signifikan penerapan metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas X di MA Ma’arif NU Kota Blitar tahun ajaran 2019/2020, dibuktikan dengan t_hitung 6,422 > t_tabel 2,009575 dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan penerapan metode hypnoteaching terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X di MA Ma’arif NU Kota Blitar tahun ajaran 2019/2020, dibuktikan dengan t_hitung 6,184 > t_tabel 2,009575 dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. 3) ada pengaruh yang signifikan penerapan metode hypnoteaching terhadap motivasi dan prestasi belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas X di MA Ma’arif NU Kota Blitar tahun ajaran 2019/2020, dibuktikan dengan nilai signifikansi (Sig.) 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163460 IZMI BAROKATUL HAFIDZAH
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:22
Last Modified: 25 Mar 2020 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14318

Actions (login required)

View Item View Item