Pengaruh Kecerdasan Visual Spasial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Segitiga Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012

Ulfatun, Ni’mah (2012) Pengaruh Kecerdasan Visual Spasial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Segitiga Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (22kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (21kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Kecerdasan Visual Spasial, Prestasi Belajar, dan Segitiga Berdasarkan fitrahnya manusia diberi kemampuan yang berbeda oleh Allah SWT. Ada yang berkemampuan tinggi juga ada yang berkemampuan rendah. Hal ini adalah salah satu yang mambedakan diantara manusia.Pada dasarnya setiap anak didik memang memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Dalam pelajaran matematika kita tak hanya menghitung saja tapi ada kalanya menggambar grafik atau pun kurva. Dalam geometri siswa tidak hanya menganalisis atau menghitung permasalahan dalam angka-angka. Akan tetapi juga kemampuan menggambar baik itu gambar bangun datar maupun bangun ruang. Hills meneliti hubungan antara berbagai tes kecerdasan visual-spasial yang melibatkan visualisasi dan orientasi dari Guiford dan Zimmerman dengan nilai matematika ditemukan ada korelasi yang tinggi antara kecerdasan visual-spasial dengan nilai matematika, bila dibandingkan dengan tes verbal dan penalaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1. Adakah pengaruh yang signifikan antara kecerdasan visual spasial terhadap prestasi belajar matematika materi segitiga pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012?, 2. Seberapa besar pengaruh yang signifikan antara kecerdasan visual spasial terhadap prestasi belajar matematika materi segitiga pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012? Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh yang signifikan antara kecerdasan visual spasial terhadap prestasi belajar matematika materi segitiga pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012, 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang signifikan antara kecerdasan visual spasial terhadap prestasi belajar matematika materi segitiga pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012 Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Disini peneliti mengambil kelas VII-B, karena kelas ini merupakan kelas yang siswa-siswinya mempunyai kemampuan berbeda di banding kelas yang lain. Dalam analisis data peneliti menggunakan uji korelasi product moment (r) yang dikemukakan oleh karl pearson. Kegunaannya adalah untuk mengetahui derajat hubungan dan kontribusi variabel bebas (independent) dengan variabel terikat (dependent). Berdasarkan analisis data di dapat nilai r = 0,4832824 dan bernilai positif maka terdapat pengaruh positif (Pengaruh kecerdasan visual spasial terhadap prestasi belajar matematika materi segitiga pada siswa kelas VII-B SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2011/2012). Besarnya pengaruh ditentukan oleh koefisien determinan = 0,234086 atau sebesar 23%.Ini berarti bahwa meningkatnya atau menurunnya prestasi belajar matematika siswa sebesar 23% dapat dijelaskan oleh penentuan Pengaruh kecerdasan visual spasial siswa Uji signifikasi untuk persamaan regresi yaitu dengan membandingkan harga F empirik dengan F teoritik yang terdapat dalam tabel nilai-nilai F, dengan menggunakan db = 1 dan 24 didapatkan harga F teoritis sebesar 4,26 pada taraf 5% dan F empiris 7,33. Berdasarkan harga F tersebut dapat dibuktikan bahwa F empirik lebih besar daripada F teoritik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa harga F regresi yang ditemukan signifikan dan lebih jauh dapat diinterpretasikan bahwa persamaan regresi Y = 65,33677+ 0,377649X merupakan persamaan regresi yang signifikan yaitu yang dapat digunakan untuk meramalkan besarnya variabel kriterium/prestasi belajar matematika (Y) berdasarkan variabel prediktor/kecerdasan visual spasial (X).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 13 Apr 2015 06:32
Last Modified: 13 Apr 2015 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1432

Actions (login required)

View Item View Item