PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

DIAH AYU ROHANA, 17204163176 (2020) PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model PBL terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Diah Ayu Rohana, NIM. 17204163176, Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: PBL, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran dengan sistem ceramah. Seringnya menggunakan model pembelajaran ini, mengakibatkan suasana kelas menjadi kurang kondusif dan efektif sehingga siswa kurang berminat pada pembelajaran matematika. Selain itu, penggunaan model pembelajaran dengan metode ceramah juga berdampak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jika sudah seperti itu maka bukan tidak mungkin aktivitas belajar mereka yang tidak maksimal akan berpengaruh pada hasil belajar matematika Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model PBL terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2019/2020. 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model PBL terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon dengan sampel kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur minat belajar matematika siswa dan soal post-test untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat dengan uji homogenitas dan uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tidak ada pengaruh penerapan model terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dengan perolehan thitung < ttabel yaitu 0,180 < 1,99 dan nilai sig. (2-tailed) > 0,05 yaitu 0,857 > 0,05 ; 2) Ada pengaruh penerapan model PBL terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dengan perolehan thitung > ttabel yaitu 2,035 > 1,99 dan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,046 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: DIAH AYU ROHANA 17204163176
Date Deposited: 06 Aug 2020 04:07
Last Modified: 31 May 2021 03:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15944

Actions (login required)

View Item View Item