PENGARUH MEDIA POWER POINT BERBASIS VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 8 DI MTS AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

IBNU WIRAWAN, 17209163020 (2020) PENGARUH MEDIA POWER POINT BERBASIS VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 8 DI MTS AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Power Point Berbasis Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas 8 di MTs Al Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Ibnu Wirawan, NIM. 17209163020, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Drs. H. Jani, M.M., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Power Point, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Banyak hal yang dapat dilakukan untuk membuat siswa tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran, misalnya dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana pengaruh media power point berbasis video terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan? 2) Bagaimana pengaruh media power point berbasis video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan? 3) Bagaimana perbedaan media power point berbasis video terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan? 4) Bagaimana perbedaan media power point berbasis video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan? Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, di antaranya yaitu 1) Untuk menjelaskan bagaimana pengaruh media power point berbasis video terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan; 2) Untuk menjelaskan bagaimana pengaruh media power point berbasis video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan; 3) Untuk menjelaskan bagaimana perbedaan media power point berbasis video terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan? 4) Untuk menjelaskan bagaimana perbedaan media power point berbasis video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan. Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MTs Al Huda Bandung Tulungagung, dengan sampel penelitian kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis yaitu dengan metode observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independen sample t-test. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1) Media power point berbasis video berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; 2) Media power point berbasis video berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,035 < 0,05; 3) Ada perbedaan media power point berbasis video terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; 4) Ada perbedaan media power point berbasis video berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,035 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163020 Ibnu Wirawan
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:36
Last Modified: 19 Oct 2020 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16956

Actions (login required)

View Item View Item