LAILA FITRIANI, 17205163213 (2020) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (824kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (141kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (285kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (319kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (430kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasarini ditulis oleh LAILA FITRIANI, NIM.17205163213, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh bapak Zun Azizul Hakim M,Psi. NIP.198509302014031003 Kata Kunci:Metode Mind Mapping dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang belum menunjukkan ketercapainya dalam sebuah tujuan pembelajaran. Hal ini terlihat pada kurang tertariknya peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Maka guru diharapkan mampu mengembangkan keterampilan dalam menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan disesuaikan dengan materi pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam kajian ini adalah : (1) Bagaimana proses penggunaan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik di sekolah dasar? (2) Bagaimana evaluasi penggunaan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik di sekolah dasar? Tujuan penelitian adalah :(1) Untuk mengetahui proses penggunaan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. (2) Untuk mengetahui evaluasi penggunaan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “literature review”. Sumber literature yang digunakan dalam penelitian ini ditelusuri melalui google scholar dengan menggunakan kata kunci metode Mind Mapping. Penelusuran dilakukan sejak tanggal 01 Mei 2020 hingga 02 Juni 2020 .Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik tingkat dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran mind mapping dimulai dari (1) guru menyampaikan kompetensi dasar yang ingin dicapai, (2) guru memberi contoh bentuk mind mapping yang sesuai dengan materi pembelajaran, (3) guru membentuk kelompok, (4) peserta didik memulai membuat mind mapping sesuai dengan materi pelajaran, (5) tiap kelompok membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan. (6) dari data di papan, peserta didik diminta membuat kesimpulan dan guru memberi penguatan pada materi yang belum sesuai. (2) Evaluasi penggunaan metode Mind Mapping menunjukkan bahwa terdapat 14 jurnal yang menunjukkan hasil belajar berpengaruh secara signifikan. Hal ini dapat diketahui melalui 2 ranah hasil belajar peserta didik. (1) Pada ranah kognitif menunjukkan bahwa peserta didik mampu mengingat materi yang telah dipelajari dan memahami materi dalam bentuk interpretasi yaitu menjelaskan dan merangkum pembelajaran yang telah disampikan. (2) Pada ranah afektif menunjukkan bahwa peserta didik memiliki kemampuan berpartisipasi aktif dalam suatu pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163213 LAILA FITRIANI |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 03:34 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 03:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17199 |
Actions (login required)
View Item |