HUBUNGAN METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTsN 3 TULUNGAGUNG

VIKA KARTIKA SARI, 17201163197 (2020) HUBUNGAN METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (558kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (859kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (586kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Metode Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Vika Kartika Sari, NIM. 17201163197, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Fathul Mujib,M. Ag., NIP. 197505232006041002. Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya guru yang belum menggunakan motode pembelajaran yang efektif sehingga menyebabkan rendahnya motivasi dan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak. Kurangnya motivasi akan mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan metode Mind Mapping yang bisa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Mind Mapping yaitu salah satu teknik mencatat yang dikembangkan dalam pembelajaran. Metode Mind Mapping adalah suatu teknik mencatat dengan konsep merangkai yang bisa membangun semangat peserta didik, menjadikan peserta didik yang lebih aktif dan mudah dalam memahami materi. Karena Mind Mapping membantu peserta didik belajar mengatur dan menyimpan sebanyak mungkin informasi yang diinginkan. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk menjelaskan hubungan metode Mind Mapping terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung, 2) Untuk menjelaskan hubungan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTsN3 Tulungagung, 3) Untuk menjelaskan hubungan metode Mind Mapping terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen, variabel bebas penelitian ini yaitu metode Mind Mapping (X), dan variabel terikatnya yaitu motivasi belajar (Y1) dan hasil belajar (Y2). Populasi : peserta didik kelas VIII A dan B di MTsN 3 Tulungagung yang berjumlah 47 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan penelitian ini adalah purposive sampling, sampel 47 peserta didik yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sumber data primer penelitian ini adalah angket dan tes peserta didik yang dilakukan di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sumber data sekunder penelitian ini adalah dokumentasi pada kegiatan yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji instrumen ( uji validasi dan uji reliabilitas), uji prasyarat ( uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis).Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini yaitu: Adanya hubungan yang signifikan penerapan metode mind mapping terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung, dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu, 4,119 > 2,0141 dengan nilai (Asymp. Sig. (2-tailed)) sebesar 0,000 < 0,05, Adanya hubungan yang signifikan penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung, dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu, 11,673 > 2,0141 dengan nilai (Asymp. Sig. (2-tailed)) sebesar 0,000 < 0,05, Adanya hubungan yang signifikan penerapan metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung, dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163197 VIKA KARTIKA SARI
Date Deposited: 18 Jan 2021 01:58
Last Modified: 03 May 2021 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17640

Actions (login required)

View Item View Item