PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OSBORN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII DI MTs MIFTAHUL ‘ULUM CENTONG KEDIRI

RIZQIKA AMALIA, 17204163054 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OSBORN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII DI MTs MIFTAHUL ‘ULUM CENTONG KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (782kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (547kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Osborn Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Materi Aritmetika Sosial Kelas VII di MTs Miftahul ‘Ulum Centong Kediri” ini ditulis oleh Rizqika Amalia, NIM. 17204163054, pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Model pembelajaran Osborn, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Banyaknya siswa hanya mengetahui dan menggunakan rumus yang diberikan guru untuk menyelesaikan soal, sehingga siswa hanya berfokus kepada apa yang disampaikan oleh guru. Akibatnya, kemampuan berfikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika tidak berkembang secara optimal dan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika menjadi rendah. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan dan variansi dalam pembelajaran matematika. Banyak model pembelajaran yang digunakan untuk membuat belajar siswa aktif dan hasil belajar matematika, salah satunya adalah model pembelajaran Osborn. Model pembelajaran ini dapat mendorong siswa aktif dan mampu memunculkan banyak gagasan atau ide. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika materi aritmetika sosial kelas VII di MTs Miftahul ‘Ulum Centong Kediri. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap hasil belajar matematika materi aritmetika sosial kelas VII di MTs Miftahul ‘Ulum Centong Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen semu (quasi experiment). Dalam pengambilan sampel yang digunakan teknik simple random sampling, dengan sampelnya adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII B yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam teknik pengumpulan data dan Instrumen penelitian menggunakan : 1) Tes, 2) Angket, 3) Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t-test (Independent Sample T-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika materi aritmetika sosial kelas VII di MTs Miftahul ‘Ulum Centong Kediri. Hal ini terbukti dari nilai Sig.(2-tailed) = 0,000 <0,05 dan nilai thitung = 6,614 ≥ ttabel = 1,997 dengan ∝= 5%. 2) Ada pengaruh model pembelajaran Osborn terhadap hasil belajar matematika materi aritmetika sosial kelas VII di MTs Miftahul ‘Ulum Centong Kediri. Hal ini terbukti dari nilai Sig. (2-tailed) = 0,000<0,05 dan nilai thitung = 12,125 ≥ ttabel = 1,997 dengan ∝ = 5 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2020 17204163054 RIZQIKA AMALIA
Date Deposited: 03 Feb 2021 02:16
Last Modified: 29 Apr 2021 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18145

Actions (login required)

View Item View Item