PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI MAN 1 TULUNGAGUNG

WAHYU INTAN SURYANI, 17210163009 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (472kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Suryani, Wahyu Intan. NIM 17210163009. 2020. Pengaruh Penggunaan Media E-learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas XI MAN 1 Tulungagung. Skripsi. Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung. Pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: Media E-learning, Menulis Teks Eksplanasi Penelitian ini dilandasi oleh tingkat pencapaian keterampilan siswa MAN 1 Tulungagung dalam menulis teks eksplanasi yang masih rendah. Faktor yang memengaruhi rendahnya keterampilan siswa dalam menulis teks eksplanasi adalah keterbatasan pengetahuan siswa dalam menyusun teks eksplanasi. Bagi siswa, menulis teks eksplanasi bukanlah hal yang mudah karena siswa harus benar-benar paham terlebih dahulu mengenai proses terjadi atau terbentunya suatu peristiwa. Oleh karena itu, diperlukan adanya media yang menarik dan merangsang siswa untuk menulis teks eksplanasi. salah satu media yang dianggap sesuai yaitu media e-learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana pengaruh penggunaan media e-learning terhadap hasil menulis teks eksplanasi? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media e-learning terhadap hasil menulis teks eksplanasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk eksperimen yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Pengambilan sampling dilakukan dengan teknik Probability Sampling jenis Purposive Sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas XI MIPA3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA5 sebagai kelas eksperimen. Masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Data dikumpulkan dengan tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik uji T antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran Elearning, sedangkan kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan media pembelajaran e- learning diperoleh ratarata 84,7 dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 66,8. Selanjutnya pada pengujian perbedaan dua rata-rata hasil belajar siswa, diperoleh thitung=5,551 dan ttabel=1,701 taraf signifikasi 0,05%. Hasil dari thitung >ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-learning berpengaruh digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis teks eksplanasi kelas XI MAN 1 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163009 WAHYU INTAN SURYANI
Date Deposited: 01 Mar 2021 02:52
Last Modified: 01 Mar 2021 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19001

Actions (login required)

View Item View Item