PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DI KELAS X OTKP-1 SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

IDAMATUL MASRUROH, 17204163158 (2020) PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DI KELAS X OTKP-1 SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau dari Gaya Kognitif di Kelas X OTKP-1 SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Idamatul Masruroh, NIM. 17204163158, pembimbing Samsul Bakri, S. Pd. I., M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Trigonometri dan Gaya Kognitif Pemahaman konsep adalah suatu tingkat kemampuan yang dimiliki siswa, mereka mampu memahami dan menjelaskan maksud atau arti dari suatu konsep. Pemahaman konsep matematika memberikan arti bahwa dalam belajar matematika, kita tidak hanya sekedar menghafal rumus dari matematika itu, tetapi lebih memahami konsep dari materi pelajaran itu sendiri. Pemahaman konsep yang dimiliki siswa tentu berbeda. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah gaya kognitif. Gaya Kognitif merupakan karakteristik seseorang dalam menerima, menganalisis, dan merespon suatu tindakan kognitif yang diberikan. Salah satu gaya kognitif yang digunakan dalam penelitian ini adalah gaya kognitif field dependent dan field independent. Sehingga peneliti ingin mengetahui pemahamn konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal trigonometri di kelas X OTKP-1 SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. 2) Untuk mendeskipsikan pemahaman konsep matematika siswa dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan soal trigonometri di kelas X OTKP-1 SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Sumber data adalah siswa kelas X OTKP-1, kemudian dipilih 4 siswa sebagai subjek penelitian, yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent dan 2 siswa dengan gaya kognitif field independent. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis tentang gaya kognitif (GEFT), tes pemahaman konsep (soal trigonometri) dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman konsep matematika siswa dengan gaya kognitif field dependent belum mampu memenuhi semua indikator pemahaman konsep. Siswa hanya mampu memenuhi dua indikator yaitu: menyatakan ulang sebuah konsep dan mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari suatu konsep. 2) Pemahaman konsep matematika siswa dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi semua indikator pemahaman konsep. Adapaun indikator pemahaman konsepnya yaitu: menyatakan ulang sebuah konsep, mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari suatu konsep, menggunakan dan menafsirkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 17204163158 IDAMATUL MASRUROH
Date Deposited: 26 Mar 2021 07:32
Last Modified: 27 Apr 2021 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19261

Actions (login required)

View Item View Item