PROFIL MUATAN KOGNITIF SISWA DALAM MATERI JAJARGENJANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA

IIF ZUFIDATUL INAYAH, 17204163105 (2021) PROFIL MUATAN KOGNITIF SISWA DALAM MATERI JAJARGENJANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (270kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Profil Muatan Kognitif Siswa Dalam Materi Jajargenjang Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa” yang ditulis oleh Iif Zufidatul Inayah, NIM. 17204163105, Pembimbing : Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Muatan Kognitif, Kemampuan Awal Latar belakang dalam skripsi ini adalah kegiatan belajar mengajar dalam pembelajaran matematika masih banyak dilakukan dengan cara guru menjelaskan, memberikan contoh dan memeberikan soal. Dan setiap siswa mempunyai kemampuan awal yang berbeda sebelum mengikuti pembelajaran. Dengan memberikan pembelajaran yang baik akan mampu mencapai muatan kognitif yang cukup. Oleh karena itu mengerti muatan kognitif yang dialami siswa dengan mengetahui kemampuan awal yang dimiliki siswa terlebih dahulu, dapat mengurangi permasalahan muatan kognitif. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui muatan kognitif siswa pada materi jajargenjang yang memiliki kemampuan awal tinggi, 2) untuk mengetahui muatan kognitif siswa pada materi jajargenjang yang memiliki kemampuan awal sedang, serta 3) untuk mengetahui muatanan kognitif siswa pada materi jajargenjang yang memiliki kemampuan awal rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes dan wawancara untuk menggali data. Penelitian ini dilakukan dikelas VIII MTs AL-Hidayah Sendang Rejo Ngimbang Lamongan dan memilih 6 orang siswa dengan kemampuan awal yang berbeda yaitu 2 kemampuan awal tinggi, 2 kemampuan awal sedang dan 2 kemampuan awal rendah. Adapun pemilihan subjek ini didasarkan pada skor hasil tes kemampuan awal dan pertimbangan dari guru mata pelajaran. Hasil temuan berdasarkan analisis data menunjukkan : 1) siswa berkemampuan awal tinggi mengalami muatan kognitif germane yaitu siswa mengalami kesulitan dalam soal latihan. Dan untuk mengatasi kesuitan tersebut siswa berusaha bertanya pada guru dan temannya. 2) siswa berkemampuan awal sedang mengalami muatan kognitiif extraneous dan muatan kognitif germane. Siswa mengalami kesulitan saat menerima materi, cara penyampaian guru, metode yang digunakan dan siswa mengalami kesulitan saat mengerjakan soal. Dalam hal ini usaha siswa yaitu belajar dan bertanya pada temanya. 3) siswa berkemampuan awal rendah mengalami muatan kognitif intrinsic dan muatan kognitif extraneous. Siswa mengalami kesulita dalam mengingat rumus dan mengerjakan dengan tugas dengan tepat dan siswa mengalami kesulitan saat menerima materi, cara penyampaian guru dan tidak menyukai pelajarannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163105 IIF ZUFIDATUL INAYAH
Date Deposited: 01 Jul 2021 04:36
Last Modified: 01 Jul 2021 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19878

Actions (login required)

View Item View Item