PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI MTS MA'ARIF 04 SIDOMULYO PACITAN

NIKE DEVITA MAYASARI, 12204173162 (2021) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI MTS MA'ARIF 04 SIDOMULYO PACITAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (485kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Minat Belajar, Berpikir Kritis. Kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam menghadapi era persaingan global adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis diperlukan untuk menganalisis situasi berdasarkan fakta, dan bukti sehingga mampu membuat kesimpulan dengan tepat. Kemampuan berpikir kritis dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah minat belajar. Minat belajar merupakan ketertarikan pada kegiatan tanpa adanya unsur paksaan. Siswa yang memiliki minat belajar tinggi maka akan memiliki semangat yang tinggi pula dalam melakukan proses pembelajaran sehingga kemampuan berpikir kritisnya akan meningkat. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di MTs Ma’arif 04 Sidomulyo Pacitan. (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di MTs Ma’arif 04 Sidomulyo Pacitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Ma’arif 04 Sidomulyo. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh sehingga sampel penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VII yaitu kelas VII A dan kelas VII B. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Analisis data untuk uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di MTs Ma’arif 04 Sidomulyo Pacitan. (2) Besar pengaruh minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di MTs Ma’arif 04 Sidomulyo Pacitan adalah 18,3%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173162 Nike Devita Mayasari
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:38
Last Modified: 02 Aug 2021 02:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20175

Actions (login required)

View Item View Item