SITI LAILATUL FITRI, 12201173021 (2021) PENGARUH METODE TAKE AND GIVE TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA PADA BAB KONSEP FIQIH DALAM ISLAM KELAS X DI MA DARUL ULUM TLASIH TULANGAN SIDOARJO. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Take and Give terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Fiqih Siswa Pada Bab Konsep Fiqih Dalam Islam Kelas X di MA Darul Ulum Tlasih Tulangan Sidoarjo” oleh Siti Lailatul Fitri, NIM 12201173021 yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, M.Pd, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Kata Kunci: Take and Give, Keaktifan dan Hasil belajar. Menurunnya keaktifan belajar peserta didik sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik itu sendiri. melihat permasalahan seperti ini, Keberhasilan belajar dapat tercapai dengan baik apabila guru mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan yaitu dengan beberapa metode pembelajaran yang baik. Satu diantara alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode Take and Give. Metode ini memberikan kesempatan siswa untuk lebih aktif dan mampu mengemukakan pendapatnya sehinghgha dapat meningkatkan Keaktifan dan Hasil belajar Fiqih peserta didik. Tujuan Penelitian yaitu: (1) Menjelaskan pengaruh metode Take and Give terhadap Keaktifan belajar fiqih siswa pada bab konsep fiqih dalam islam Kelas X di MA Darul Ulum Tlasih Tulangan Sidoarjo. (2) Menjelaskan pengaruh metode Take and Give terhadap hasil belajar Fiqih siswa pada bab konsep fiqih dalam islam Kelas X peserta didik di MA Darul Ulum Tlasih Tulangan Sidoarjo. (3) Menjelaskan pengaruh metode Take and Give terhadap Keaktifan dan hasil belajar fiqih siswa bab konsep fiqih dalam islam Kelas X di MA Darul Ulum Tlasih Tulangan Sidoarjo. Pendekatan yang dilakukan oleh penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Populasi : peserta didik kelas X-Mipa 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-Mipa 2 sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Random Sampling dengan jumlah sampel 30 peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji generalisasi linier, Uji MANOVA (Multivariat Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaru metode Take and Give teradap keaktifan belajar fiqih peserta didik di MA Darul Ulum Tlasih Tulangan Sidoarjo yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0,004 < 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (2) ada pengaruh metode Take and Give terhadap hasil belajar fiqih peserta didik di MA Darul Ulum Tlasih Tulangan Sidoarjo yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0,030 < 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (3) ada pengaruh metode Take and Give terhadap Keaktifan dan Hasil belajar Fiqih Siswa kelas X di MA Darul Ulum Tlasih Tulangan Sidoarjo yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0,001 < 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201173021 SITI LAILATUL FITRI |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 04:06 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 04:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20571 |
Actions (login required)
View Item |