RISMA PRILANA, 12204173051 (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF CONCEPT PADA SOAL HOTS MATERI PYTHAGORAS KELAS VIII DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (599kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (399kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (917kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (848kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Self Concept pada Soal HOTS Materi Pythagoras Kelas VIII di Mts Assyafi’iyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Risma Prilana, NIM. 12204173051, pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Self-Concept, Higher Thinking Skill, Pythagoras. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dalam menuntaskan persoalan tentang Higher Order Thinking Skills kelas VIII MTs Assyafiiyah Gondang Tulungagung. Padahal kemampuan berpikir kreatif matematis sangat dibutuhkan oleh peserta didik untuk menanggapi berbagai macam persoalan matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari dengan sudut pandang yang baru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari self-concept pada soal HOTS materi pytagoras. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini ada di Madrasah Tsanawiyah Assyafi’iyah Gondang. Sumber data ialah peserta didik kelas VIII A, kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian, yakni masing-masing diambil 2 orang peserta didik dengan self-concept tinggi, self-concept sedang, self-concept rendah, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara untuk mengetahui self-concept peserta didik dan tes tertulis terkait materi pythagoras dengan tipe soal HOTS untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikut sertaan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa termasuk kedalam kategori tinggi dan mempunyai kategori self-concept tinggi, namun terdapat 1 peserta didik yang kemampuan berpikir kreatif termasuk ke dalam kategori sedang mempunyai self-concept tinggi. 2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa termasuk kedalam kategori sedang dan mempunyai kategori self-concept sedang, namun terdapat 1 peserta didik yang kemampuan berpikir kreatif termasuk ke dalam kategori tinggi mempunyai self-concept sedang. 3) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa termasuk kedalam kategori rendah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173051 RISMA PRILANA |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 02:40 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 02:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21224 |
Actions (login required)
View Item |