PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL, EMOSIONAL DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT MAHASISWA MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah FEBI IAIN Tulungagung)

RISA FIDHA YANTI, 12401173036 (2021) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL, EMOSIONAL DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT MAHASISWA MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah FEBI IAIN Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Lingkungan Sosial, Emosional dan Pengetahuan Produk terhadap Minat Mahasiswa Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah FEBI IAIN Tulungagung)" yang ditulis oleh Risa Fidha Yanti, NIM. 12401173036, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Bank syariah memiliki berbagai macam produk salah satunya adalah produk tabungan. Pada saat ini minat mahasiswa untuk menabung di bank syariah masih sangat minim. Banyak mahasiswa yang belum berminat untuk menabung di bank syariah, padahal mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup baik mengenai bank syariah. Kurangnya promosi dan pemahaman bank syariah terkait apa yang dibutuhkan oleh nasabah menjadi salah satu penyebab minimnya minat mahasiswa untuk menabung di bank syariah. Oleh karena itu, bank syariah harus lebih mengoptimalkan pemasaran dan meningkatkan pelayanan, kemanan dan kenyamanan supaya nasabah tidak beralih menggunakan lembaga keuangan yang lain. Hal ini yang menjadikan peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan lingkungan sosial, emosional dan pengetahuan produk terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel yaitu 94 dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Perbankan Syariah FEBI IAIN Tulungagung). Pengujian pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji determinasi (R 2 ). Dari uji tersebut diperoleh kesimpulan bahwa variabel lingkungan sosial dan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah (studi kasus mahasiswa Perbankan Syariah FEBI IAIN Tulungagung. Sedangkan variabel pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah (studi kasus mahasiswa Perbankan Syariah FEBI IAIN Tulungagung). Dan berdasarkan hasil dari uji F diperoleh kesimpulan bahwa variabel lingkungan sosial, emosional dan pengetahuan produk secara simultan berpengaruh terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah (studi kasus mahasiswa Perbankan Syariah FEBI IAIN Tulungagung). Hasil uji koefisien determinasi (R 2 ) diperoleh lingkungan sosial, emosional dan pengetahuan produk berpengaruh sebesar 22% terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah (studi kasus mahasiswa Pebankan Syariah FEBI IAIN Tulungagung) sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Kata kunci: Emosional, Lingkungan Sosial, Minat Menabung dan Pengetahuan Produk.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173036 RISA FIDHA YANTI
Date Deposited: 10 Sep 2021 06:11
Last Modified: 10 Sep 2021 06:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21995

Actions (login required)

View Item View Item