EFEKTIVITAS PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS VII DI MTSN 7 TULUNGAGUNG

LINDA DWI SETIYO PUTRI, 12211173029 (2021) EFEKTIVITAS PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS VII DI MTSN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (487kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (766kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (821kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Linda Dwi Setiyo Putri, 12211173029, 2021, Efektivitas Penerapan Video Pembelajaran terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pemanasan Global Kelas VII di MTsN 7 Tulungagung. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Husni Cahyadi Kurniawan, M. Si. Kata Kunci : Video Pembelajaran, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena prestasi belajar siswa yang rendah dipengaruhi oleh kurangnya motivasi dalam mengikuti mata pelajaran IPA karena kurangnya kreatifitas guru dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diberikan media pembelajaran, salah satunya adalah penerapan video pembelajaran yang menyajikan audio visual yang dapat menyampaikan informasi atau materi kepada siswa yang mempunyai unsur suara sekaligus gambar. Maka dari itu peneliti menerapkan video pembelajaran untuk mengetahui efektivitas penerapan video pembelajaran dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektivitas penerapan video pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pemanasan global kelas VII di MTsN 7 Tulungagung (2) Untuk mengetahui efektivitas penerapan video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pemanasan global kelas VII di MTsN 7 Tulungagung (3) Untuk mengetahui efektivitas penerapan video pembelajaran dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa pada materi pemanasan global kelas VII di MTsN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik sampling dengan purposive sampling. Sampel penelitian ini kelas VII A dan kelas VII D. Seluruh sampel berjumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test, Uji MANOVA, dan Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penerapan video pembelajaran efektif terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig. (2-tailed) 0,009 < 0,05 dan tingkat efektivitas sebesar 73 % (2) Penerapan video pembelajaran efektif terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan tingkat efektivitas sebesar 86% (3) Penerapan video pembelajaran efektif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan pada tabel multivariate test dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan video pembelajaran efektif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa pada materi pemanasan global kelas VII di MTsN 7 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211173029 LINDA DWI SETIYO PUTRI
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:42
Last Modified: 07 Oct 2021 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22676

Actions (login required)

View Item View Item