PENGARUH BELAJAR ONLINE MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIO EMOSIONAL DAN BAHASA ANAK USIA DINI DI PAUD TUNAS CERIA DESA PULOTONDO

BADRIYAH, 12206173084 (2021) PENGARUH BELAJAR ONLINE MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIO EMOSIONAL DAN BAHASA ANAK USIA DINI DI PAUD TUNAS CERIA DESA PULOTONDO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Badriyah. 12206173084. 2021. “Pengaruh Belajar Online Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Perkembangan Sosio Emosional Dan Bahasa Anak Usia Dini Di PAUD Tunas Ceria Desa Pulotondo“ Jurusan Pendidikan Anak usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing:Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I . Kata Kunci : Belajar Online, Sosioemosional, Bahasa, Anak usia dini. Pembelajaran online pada tingkatan PAUD merupakan alternative kegiatan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 yang memanfaatkan media sosial dan jaringan internet. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan kesiapan pendidik, kurikulum yang sesuai, ketersediaan sumber belajar, serta dukungan peranti dan jaringan yang stabil sehingga komunikasi antar peserta didik dan pendidik dapat efektif. Tujuan penelitian adalah: 1) Mengetahui pengaruh belajar online masa pandemi covid-19 terhadap perkembangan sosio emosional anak usia dini, 2) Mengetahui pengaruh belajar online masa pandemi covid-19 terhadap perkembangan Bahasa anak usia dini, 3) Mengetahui pengaruh belajar online masa pandemi covid-19 terhadap perkembangan sosio emosional dan bahasa anak usia dini di PAUD Tunas Ceria Desa Pulotondo. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Grup. Populasi penelitian anak usia dini di PAUD Tunas Ceria Desa Pulotondo tahun pelajaran 2020/2021 yang sebanyak 45 anak. Sampel diambil dengan Teknik total sampling. Variabel bebas pembelajaran online, variabel terikat kemampuan sosioemosional dan bahasa anak usia dini. Uji statistic menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian didapatkan: 1) Ada pengaruh belajar online masa pandemi covid-19 terhadap perkembangan sosio emosional anak usia dini di PAUD Tunas Ceria Desa Pulotondo, dimana uji paired t test didapatkan p value 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh belajar online masa pandemi covid-19 terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di PAUD Tunas Ceria Desa Pulotondo, dimana uji paired t test didapatkan p value 0,000 < 0,05. 3) Ada pengaruh belajar online masa pandemi covid-19 terhadap perkembangan sosioemosional dan bahasa anak usia dini di PAUD Tunas Ceria Desa Pulotondo, dimana uji paired t test perkembangan sosioemosional dan bahasa anak usia dini antara sebelum dan sesudah pembelajaran online didapatkan p value 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini untuk melihat keberhasilan pembelajaran online selama pandemi covid-19 dimana didapatkan bahwa meskipun pembelajaran dilaksanakan secara online namun perkembangan sosioemosional dan bahasa anak tetap berkembang dengan baik. .

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173084 BADRIYAH
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:42
Last Modified: 25 Oct 2021 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22907

Actions (login required)

View Item View Item