PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA PADA MATERI ASEAN KELAS VIII MTs DARISSULAIMANIYYAH

DIMAS ADITYAR SUMINTO, 12209173062 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA PADA MATERI ASEAN KELAS VIII MTs DARISSULAIMANIYYAH. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar IPS Siswa pada Materi ASEAN Kelas VIII MTs Darissulaimaniyyah semester gasal tahun ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Dimas Adityar Suminto. NIM 12209173062, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati, S.S. M.Pd. Kata Kunci: Model Example Non Example, hasil belajar, media visual Latar belakang dari terlaksananya penelitian ini adalah para siswa kurang aktif Ketika pembelajaran Ilmu Pengeathuan Sosial (IPS) berlangsung. Hal ini disebabkan karena para pengajar masih menggunakan metode konvensional Ketika pembelajaran berlangsung, dan tentunya akan membuat semangat belajar para siswa berkurang. Peneliti menggunakan model Example Non Example yang berbantu media visual. Media visual dipilih dikarenakan menyesuaiakan dengan fasilitas pendukung belajar siswa di sekolah yang kurang memadahi. Penelitian ini memiliki tujuan: 1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Example Non Example berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa pada materi ASEAN kelas MTs Darissulaimaniyyah Semester Gasal Tahun Ajaran 2020/2021. 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Example Non Example berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa pada materi ASEAN kelas MTs Darissulaimaniyyah Semester Gasal Tahun Ajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Yang digunakan dalam populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan kelas VIII-C di MTs Darissulaimaniyyah. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik sampling Probability Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan Tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan data penelitian yang diperoleh. Model pembelajaran Example Non Example berpengaruh terhadap hasil belajar para siswa. Yang mana terdapat perbedaan pada nilai rata – rata dari hasil pengujian post-test dari kelas eksperimen sebanyak 85,2 dan nilai rata – rata dari kelas kontrol sebanyak 76,3. Sedangkan besarnya pengaruh dari model Example Non Example diperoleh presentase sebesar 84%, yang merupakan termasuk kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209173062 Dimas Adityar Suminto
Date Deposited: 01 Nov 2021 08:06
Last Modified: 01 Nov 2021 08:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23002

Actions (login required)

View Item View Item