LUTFI QURROTA A’YUNIN, 12402173061 (2021) PENGARUH HARGA, LINGKUNGAN FISIK, DAN KUALITAS PELAYANAN PASAR TRADISIONAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (132kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (31kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (603kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Harga, Lingkungan Fisik, dan Kualitas Pelayanan Pasar Tradisional Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar)” ini dit ulis oleh Lutfi Qurrota A’yunin, NIM. 12402173061, jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dengan pembimbing Lativa Hartiningtyas, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kepuasan konsumen bagi eksistensi dari suatu pasar tradisonal. Pasar tradisional harus tetap bertahan ditengah persaingannya dengan pasar modern sebab pasar tradisional memiliki peranan dan fungsi yang cukup penting dalam perekonomian daerah. Eksistensi akan tercipta apabila konsumen tetap bertahan untuk melakukan pembelian barang maupun jasa di pasar tradisional dan seorang konsumen akan tetap bertahan jika ia mendapatkan kepuasan atas pembelian maupun transaksi yang dilakukan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen tersebut yaitu harga, lingkungan fisik, dan kualitas pelayanan. Dari berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kepuasaan konsumen, maka peneliti menguji ketiga variabel tersebut terhadap kepuasan konsumen. Fokus penelitian ini adalah (1) Apakah harga memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar?, (2) Apakah lingkungan fisik memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar?, (3) Apakah kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor harga, lingkungan fisik, dan kualitas pelayanan pasar tradisional terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diambil dari konsumen Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner yang diberikan kepada 100 responden konsumen Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental dan sampling purposive. Analisis data yang digunakan uji analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar, (2) Lingkungan fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar, (3) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar. Kata Kunci: Harga, Lingkungan Fisik, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Konsumen Ekonomi > Pasar Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | S1 12402173061 LUTFI QURROTA A'YUNINA |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 04:39 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 04:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23424 |
Actions (login required)
View Item |