PENGARUH HARGA, LINGKUNGAN FISIK, DAN KUALITAS PELAYANAN PASAR TRADISIONAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar)

LUTFI QURROTA A’YUNIN, 12402173061 (2021) PENGARUH HARGA, LINGKUNGAN FISIK, DAN KUALITAS PELAYANAN PASAR TRADISIONAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Harga, Lingkungan Fisik, dan Kualitas Pelayanan Pasar Tradisional Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar)” ini dit ulis oleh Lutfi Qurrota A’yunin, NIM. 12402173061, jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dengan pembimbing Lativa Hartiningtyas, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kepuasan konsumen bagi eksistensi dari suatu pasar tradisonal. Pasar tradisional harus tetap bertahan ditengah persaingannya dengan pasar modern sebab pasar tradisional memiliki peranan dan fungsi yang cukup penting dalam perekonomian daerah. Eksistensi akan tercipta apabila konsumen tetap bertahan untuk melakukan pembelian barang maupun jasa di pasar tradisional dan seorang konsumen akan tetap bertahan jika ia mendapatkan kepuasan atas pembelian maupun transaksi yang dilakukan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen tersebut yaitu harga, lingkungan fisik, dan kualitas pelayanan. Dari berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kepuasaan konsumen, maka peneliti menguji ketiga variabel tersebut terhadap kepuasan konsumen. Fokus penelitian ini adalah (1) Apakah harga memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar?, (2) Apakah lingkungan fisik memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar?, (3) Apakah kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor harga, lingkungan fisik, dan kualitas pelayanan pasar tradisional terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diambil dari konsumen Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner yang diberikan kepada 100 responden konsumen Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental dan sampling purposive. Analisis data yang digunakan uji analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar, (2) Lingkungan fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar, (3) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Pasar Rakyat Kanigoro Kabupaten Blitar. Kata Kunci: Harga, Lingkungan Fisik, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Pasar
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173061 LUTFI QURROTA A'YUNINA
Date Deposited: 06 Dec 2021 04:39
Last Modified: 06 Dec 2021 04:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23424

Actions (login required)

View Item View Item