PENGARUH PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN 1 TULUNGAGUNG PADA MATERI TRIGONOMETRI

SITI MASITOH, 12204173102 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN 1 TULUNGAGUNG PADA MATERI TRIGONOMETRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MAN 1 Tulungagung pada Materi Trigonometri” ini ditulis oleh Siti Masitoh, NIM. 12204173102, Jurusan tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Search, Solve, Create, and Share (SSCS), Minat Siswa, Hasil Belajar. Matematika merupakan pelajaran yang memiliki peminat yang paling rendah. Klaim bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit menyebabkan hasil belajar siswa belum maksimal. Kenyataan yang terjadi di lapangan menunjukkan guru dalam proses belajar mengajar hanya memberikan materi pembelajaran dan cenderung hanya menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif dan belum memahami konsep secara mendalam. Penggunaan model pembelajaran yang bervariatif dapat menjadi solusi agar siswa aktif dan memiliki minat terhadap materi yang disampaikan oleh guru, sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap minat belajar matematika siswa kelas X MAN 1 Tulungagung pada materi trigonometri (2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN 1 Tulungagung pada materi trigonometri (3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas X MAN 1 Tulungagung pada materi trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest kontrol Grup Desain. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan sampel berjumlah 70 orang untuk kelas eksperimen (kelas X IPA 1 berjumlah 35 siswa) dan kelas kontrol (kelas X IPA 2 berjumlah 35 siswa). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan angket minat belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap minat belajar matematika siswa kelas X MAN 1 Tulungagung pada materi trigonometri. Hal ini berdasarkan analisis data yang diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. (2) Ada pengaruh pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MAN 1 Tulungagung pada materi trigonometri. Hal ini berdasarkan analisis data yang diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. (3) Ada pengaruh pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas X MAN 1 Tulungagung pada materi trigonometri. Hal ini berdasarkan hasil analisis data hasil uji statistik untuk Pillai’s Trace, wilk’s Lamda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root yang diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Masitoh Siti
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:45
Last Modified: 09 Dec 2021 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23476

Actions (login required)

View Item View Item