VILAWITA PETI ELICE, 12210173118 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WATTPAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DARING SISWA KELAS XI MIPA-1 SMA NEGERI 1 DURENAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (11MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (367kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (346kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (209kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wattpad terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Daring Siswa Kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Durenan Tahun Pelajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Vilawita Peti Elice, NIM. 12210173118, pembimbing Prof. Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi karena ingin mengetahui sejauh mana media aplikasi wattpad dapat mempengaruhi hasil belajar naskah drama pada siswa. Kurangnya minat siswa pada pembelajaran materi bahasa indonesia juga menjadi penyebab adanya penelitian ini. Pada masa pandemi saat ini membuat pembelajaran harus dilakukan secara daring. Hal ini membuat berbagai reaksi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh. Meningkatnya rasa bosan yang menjadi masalah utama pada peserta didik. Meskipun kemudahan dalam mencari jawaban soal menjadi keuntungan adanya pembelajaran daring. Tak dapat dipungkiri bahwa pembelajaran daring memicu siswa malas mendengarkan materi yang disampaikan guru melalui daring. Oleh karena itu, perlu adanya media yang dapat mengatasi rasa malas dan bosan pada siswa. Penerapan media aplikasi wattpad dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks Drama siswa dapat terbantu dalam mencari cerita untuk dijadikan naskah Drama. Pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga rasa bosan dan malas dapat di minimalisir. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wattpad terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Durenan? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wattpad terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Durenan Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui nilai siswa saat menggunakan media dan tidak menggunakan media aplikasi wattpad. Dokumentasi digunakan untuk mencari data sarana dan prasarana, populasi, sampel. Menggunakan penelitian kuantitatif yaitu quasi eksperimen design yang di desain posttest-Only Control Design. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas XI sedangkan sampel yang diteliti yaitu kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 yang berjumlah 27 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis yaitu (uji independent samples T-Test). Hasil penelitian ini menunjukkan aplikasi wattpad memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMAN 1 Durenan. Perolehan hasil analisis uji hipotesis yang menunjukkan bahwa berdasarkan kriteria maka taraf signifikan menunjukkan nilai 0,000. Hasil belajar kelas kontrol yang tidak menerima perlakuan nilai rata-ratanya 69,63 lebih sedikit dibandingkan kelas eksperimen yang mendapat perlakuan aplikasi wattpad memperoleh nilai rata-rata 82. Kata kunci : pengaruh, aplikasi, wattpad, naskah drama, daring
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Literasi Bahasa Dan Sastra > Naskah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210173118 VILAWITA PETI ELICE |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 01:31 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 01:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23493 |
Actions (login required)
View Item |