PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MIN 1 TULUNGAGUNG

UMI LAILATUL BADRIYAH, 12205173302 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Umi Lailatul Badriyah (12205173302) Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, yang dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M. Ag. Kata kunci: Pembelajaran Daring dan Hasil Belajar Siswa Kajian ini dilatar belakangi oleh keadaan yang terjadi pada dunia pendidikan saat ini yaitu awal mulanya pembelajaran dilakukan secara tatap muka, semenjak adanya covid-19 sejak Maret 2020 - hingga saat ini pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan) yaitu proses belajar mengajar dilakukan melalui jejaring internet. Semenjak pembelajaran daring dilaksanakan guru kurang berinteraksi dengan siswa. Dalam pembelajaran daring diperlukannya kreatifitas guru agar siswa dapat menerima pelajaran fiqih dengan baik dan hasil belajar yang memuaskan serta bisa memahami secara benar kegunaan fiqh bagi kehidupan. Dengan hal ini peneliti meneliti adakah pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MIN 1 Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket ini digunakan untuk mengetahui tingkat pelaksanaan pembelajaran daring dalam belajar fiqih tanpa adanya perlakuan diduga ada pengaruh terhadap hasil belajar fiqih. Dokumentasi untuk mendapat nilai hasil belajar siswa kelas III pada semester 1. Pola penelitian yang digunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan ex post facto. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian asosiatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Untuk pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik Quota sampling pada populasi terhingga. Banyaknya sampel pada penelitian ini adalah 65 siswa. Dari hasil penelitian pada rumusan masalah pertama, menghasilkan output analisis regresi linear sederhana berdasarkan tabel uji signifikasi, diperoleh nilai sig. = 0,296, berarti sig > kriteria signifikasi (0,05). Dengan demikian model persamaan regresi berdasarkan data penelitian tidak signifikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa “tidak ada pengaruh antara pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih”. Dari hasil analisis data diperoleh nilai RSquare menunjukkan nilai persentase pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 19%. Oleh karena itu, untuk mengetahui seberapa besar factor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa dapat diperoleh dari 100% - 19% = 99,81%. Maka dari itu, hasil 99,81% tersebut nilai faktor lain yang menyebabkan pembelajaran daring tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Faktor lain tersebut diantaranya adalah belum terbiasa dengan kebijakan baru, guru tidak bisa melakukan pengawasan secara langsung, penyampaian materi kurang maksimal dan tidak adanya kemandirian belajar (penyelesaian tugas mandiri).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173302 UMI LAILATUL BADRIYAH
Date Deposited: 17 Dec 2021 01:03
Last Modified: 17 Dec 2021 01:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23546

Actions (login required)

View Item View Item