METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG

ELLYA NANDITA TRIANAWATI, 12204173046 (2021) METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (493kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (428kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Materi Himpunan Kelas VII SMPN 1 Ngantru Tahun Ajaran 2021/2022”. Ini ditulis oleh Ellya Nandita Trianawati,NIM. 12204173046, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Metakognisi, menyelesaikan masalah, gaya kognitif Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Siswa masih kurang mampu dalam melakukan perencanaan, memantau dan evaluasi dalam menyelesaikan masalah dan metakognisi dipengaruhi oleh gaya kognitif sesuai dengan yang dikemukakan oleh Zakiah. Sementara itu metakognisi sangat diperlukan untuk menyelesaikan masalah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metakognisi siswa yang ditinjau dari gaya kognitif dependen dan Field Independent. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMPN 1 Ngantru dengan 4 subjek yaitu 2 subjek gaya kognitif dependen dan 2 subjek Field Independent. Sumber data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari hasil tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data tes yang berupa tes GEFT untuk mengetahui gaya kognitif dan tes metakognisi untuk mengetahui gaya kognitif siswa dan wawancara untuk mngklarifikasi apa yang telah dikerjakan subjek penelitian. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data penelitian ini memberikan kesimpulan : (1) Metakognisi siswa dengan gaya kognitif dependen dalam menyelesaikan masalah himpunan hanya mampu memenuhi indikator metakognisi yang meliputi perencanaan dengan benar dan dapat mengidentifikasi dengn tepat sesuai yang tertera dalam masalah walaupun penulisannya kurang sistematis. (2) Metakognisi siswa dengan gaya kognitif Field Independent dalam menyelesaikan masalah himpunan telah mampu memenuhi semua indikator metakognisi dengan baik yaitu indikator perencanaan, memantau, dan evaluasi. Pada indikator perencanaan siswa mampu merencanakan masalah meskipun kurang sistematis. Pada indikator memantau siswa mampu memantau masalah dengan tepat. Pada indikator evaluasi siswa mampu memeriksa kembali dengan melakukan penarikan kesimpulan dan hasil yang tepat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173046 ELLYA NANDITA TRIANAWATI
Date Deposited: 31 Dec 2021 05:31
Last Modified: 31 Dec 2021 05:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23822

Actions (login required)

View Item View Item