PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VII MTs SUNAN KALIJOGO REJOSARI KALIDAWIR

PICKO KRISA CANTONA, 12210173114 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VII MTs SUNAN KALIJOGO REJOSARI KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (413kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (21kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Film terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir” ini ditulis oleh Picko Krisa Cantona, NIM. 12210173114, pembimbing Prof. Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag, M.Pd Pelajaran menulis kurang mendapat perhatian dari guru. Siswa kesulitan ketika mau mengarang (menulis) sebuah cerita. Oleh karena itu, pembelajaran menulis perlu untuk diperbaiki kembali pada diri siswa. Dalam penelitian ini akan membahas pengaruh media film terhadap keterampilan menulis narasi. Media film dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan menulis sebuah cerita. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film dan pembelajaran konvensional terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir dengan sampel penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas VII-A dan siswa kelas VII-B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes non objektif (uraian) dalam bentuk pre test dan post tes. Teknik analisis data meliputi uji analisis deskriptif, uji analisis inferensial yang didalamnya meliputi uji normalitas, uji homogenitas, serta pengujian hipotesis statistik. Berdasarkan pengolahan data terdapat hasil penelitian: yaitu analisis pada sampel berjumlah 20 siswa di MTs Sunan Kalijogo, Desa Rejosari, Kec. Kalidawir tahun ajaran 2020/2021 menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test sebesar 50,11 lebih kecil dibandingkan rata-rata post test sebesar 76,52. Di sisi lain, nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 (taraf signifikan), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan media film (X1) terhadap keterampilan menulis narasi (Y) pada siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo, Desa Rejosari, Kec. Kalidawir. Kata Kunci: Media Film, Keterampilan Menulis, Narasi

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173114 Picko Krisa Cantona
Date Deposited: 07 Jan 2022 04:40
Last Modified: 17 Jan 2022 05:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23930

Actions (login required)

View Item View Item