PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DI TOKO KAOS TRUCK MERCH TULUNGAGUNG

RIZKY FATMA NUR FADZILAH, 12402173513 (2021) PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DI TOKO KAOS TRUCK MERCH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)

Abstract

ABSTRAK Rizky Fatma Nur Fadzilah, NIM. 12402173513, 2021 Perkembangan Teknologi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Marketplace Shopee Di Toko Kaos Truck Merch Tulungagung, Skripsi, yang di bombing oleh Syamsul Umam, S.H.I., M.H Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggaung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang semakin modern yang membuat para pelaku ekonomi harus memiliki strategi yang lebih agar tidak di gerus oleh zaman, semakin pesatnya perkembangan teknologi maka manusia semakin dimudahkan dalam hal perdagangan, sehingga perlunya memikirkan bagaiman strtegi yang digunakan dizaman modern seperti ini dalam memasarkan dagangannya, marketplace shopee adalah salah satu platform yang menyediakan jasa perdagang secara online, dengan segala kemudian akses yang dimiliki tentu semakin mudah kita memiliki strategi yang akan diterapkan di platform tersebut. Konteks penelitian yang di guanakan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanasstrategi dalam meningkatkan penjualan di marketplace shopee pada Toko Kaos Truck Merch Tulungagung? 2) Bagaimana kelemahan dalam penjualan menggunakan marketplace shopee pada Toko Kaos Truck Merch Tulungagung? Metode peneltian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis peneltian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamatan, wawancara, atau penelaah dokumen. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), adanya penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Formulasi strategi yang dilakukan oleh toko kaos truck merch tulungagung ini adalah menentukan kondisi dan kemampuan penjual, menentukan kondisi pasar, menentukan modal, menentukan kondisi perusahaan, faktor lain meliputi menyiapkan toko di marketplace shopee, membuat desain yang menarik pada toko, memberikan voucher diskon, memberikan voucher gratis ongkir, memberikan voucher cash back, menyiapkan program iklan gratis maupun berbayar.Implementasinya formulasi strategi pemilik toko kaos truck merch tulungagung penerapan perencanaan strategi dalam tokonya online shopee nya mulai dari memberikan voucher belanja, voucher diskon, voucher cash back, voucher gratis ongkir, pelaksanaan iklan gratis maupun berbayar, hasil akhir dari pelaksaan program adalah hasil yang didapatkan peningkatan penjualan yang sesuai di harapkan pemilik toko. Evaluasi strategi yang dilakukan di toko kaos truck merch tulungagung ini adalah evaluasi secara internal yang terjadwalkan dan insidental di tiap-tiap unit dan evaluasi secara menyeluruh. Evaluasi internal ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan serta kendala-kendala yang dihadapi oleh unit masing-masing. Sedangkan evaluasi secara menyeluruh dilakukan untuk membahas masalah yang melibatkan unit lain. Selain itu, evaluasi ini juga untuk membahas langkah-langkah perbaikan kedepan dan teknik pelaksanaan program yang akan dilaksanakan berikutnya. 2) Kelebihan yang dimiliki oleh market place shopee banyak fitur yang memberikan keuntungan tersendiri dari bagi pemilik toko maupun pelanggan, mulai dari penataan toko yang mudah, voucher diskon, voucher gratis ongkir, voucher cash back, program iklan gratis maupun berbayar. Kekurangan dari marketplace shopee konsumen tidak bisa melihat barang secara langsung, resiko yang besar, persaingan harga. Kata Kunci: Teknologi , Marketplace, Shopee

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173513 Rizky Fatma Nur Fadzilah
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:02
Last Modified: 12 Jan 2022 02:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23968

Actions (login required)

View Item View Item