PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI PERMAINAN LENGAN BERGOYANG PADA ANAK KELOMPOK B TK PGRI 02 BANYUURIP KALIDAWIR

BINTI LAILATUN NADIROH, 12206173056 (2021) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI PERMAINAN LENGAN BERGOYANG PADA ANAK KELOMPOK B TK PGRI 02 BANYUURIP KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (779kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Permainan Lengan Bergoyang Pada Anak Kelompok B TK PGRI 02 Banyuurip Kalidawir” ini ditulis oleh Binti Lailatun Nadiroh, NIM 12206173056, pembimbing Bapak Germino Wahyu Broto, M.Si Kata kunci : Peran Guru, Kecerdasan Kinestetik, Permainan Lengan Bergoyang Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kegiatan permainan yang ada di TK PGRI 02 Banyuurip, dimana kecerdasan kinestetik anak kelompok B disana mampu berkembang secara maksimal melalui permainan lengan bergoyang. Berbagai gerakan yang berhubungan dengan meningkatkan kecerdasan kinestetik ada dalam permainan lengan bergoyang yang diajarkan pada anak kelompok B. Keberhasilan pelaksanaan permainan lengan bergoyang pada anak kelompok B tidak terlepas dari adanya peran guru. Peneliti ingin megetahui lebih dalam mengenai peran apa saja yang dilakukan guru di TK PGRI 02 Banyuurip sehingga dapat membuat kecerdasan kinestetik anak tinggi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui permainan lengan bergoyang pada anak kelompok B TK PGRI 02 Banyuurip. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verification. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, teknik triangulasi dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian yang peneliti peroleh diantaranya yaitu, 1) Guru mengarahkan anak pada jalannya proses permainan lengan bergoyang, guru membantu anak dalam gerakan keseimbangan dan kelenturan tubuh agar maksimal dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik, melakukan kerja sama dengan para guru lainnya dalam implementasi pembelajaran. 2) Guru membuat rencana pembelajaran, guru mendata nama anak yang akan mengikuti permainan., guru memberikan penilaian terhadap kecerdasan kinestetik anak, guru menyiapkan form laporan capaian perkembangan anak. 3) Memberikan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dengan melakukan permainan lengan bergoyang. yang berorientasi pada perkembangan kecerdasan kinestetik, guru menginovasi media, lagu dan gerakan yang berbeda dan menarik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: S1 12206173056 Binti Lailatun Nadiroh
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:08
Last Modified: 14 Jan 2022 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24086

Actions (login required)

View Item View Item