PENGARUH MEDIA FULL COLOUR BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM TERPADU AR ROHMAH BALESONO

IDA RUROIN, 12206173095 (2021) PENGARUH MEDIA FULL COLOUR BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM TERPADU AR ROHMAH BALESONO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

ABSTRAK Ida Ruroin. 12206173095. 2021. “Pengaruh Media Full Colour Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Terpadu Ar Rohmah Balesono “ Jurusan Pendidikan Anak usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Dr. Phil Syaifuddin Zuhri, M.A. Kata Kunci : Full Colour Big Book, Kemampuan Membaca Permulaan, Anak Usia 5-6 Tahun. Salah satu media yang dapat digunakan dalam mengembangkan kemampuan membaca anak usia dini adalah Big Book. Big Book secara tepat akan membantu guru dalm mengajarkan membaca pada anak usia dini dan akan membuat anak menikmati proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah: Mengetahui pengaruh media full colour big book terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Terpadu Ar Rohmah Balesono Tulungagung. Pendekatan penelitian adalah quasi experimental dengan desain penelitian “non equivalent control group design. Populasi penelitian anak TK usia 5-6 tahun di TK Islam Terpadu Ar Rohmah Balesono tahun pelajaran 2020/2021 sejumlah 20 anak. Sampel diambil dengan Teknik total sampling. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Terpadu Ar Rohmah Balesono Tulungagung. Uji statistic menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian didapatkan: Penggunaan full colour big book sebagai media pembelajaran interaktif di TK Islam Terpadu Ar Rohmah Balesono sangat membantu pendidik dalam memberikan materi kepada anak didik dengan tampilan yang menarik dan menampilkan gambar secara detail sehingga penyampaian materi dapat diterima anak didik dengan mudah. Media Full Colour Big Book berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Terpadu Ar Rohmah Balesono Tulungagung dimana hasil uji independent t test didapatkan p value 0,000 < 0,05. Penggunaan media full colour big book TK Islam Terpadu Ar Rohmah Balesono Tulungagung terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun. Hasil akhir pada kelompok eksperimen yakni kelompok yang diberi perlakuan berupa penerapan membaca awal menggunakan media full coloring big book memiliki nilai yang lebih tinggi daripada kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan. .

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173095 IDA RUROIN
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:06
Last Modified: 17 Jan 2022 04:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24137

Actions (login required)

View Item View Item