STRATEGI GURU DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI KELAS VI MIN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

NORISWANA AYNAYA AL AZIZAH, 12205173276 (2021) STRATEGI GURU DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI KELAS VI MIN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (998kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas VI MIN 1 Rejotangan” ini ditulis oleh Noriswana Aynaya Al Azizah, NIM. 12205173276, dosen pembimbing: Suwanto, M.S.I Kata Kunci: Strategi guru Akidah Akhlak, Akhlakul Karimah. Apabila dilihat dari perkembangan pendidikan saat ini, adanya penurunan tingkat akidah akhlak siswa kepada guru, orang tua, serta banyaknya peserta didik dengan usia dini sudah melakukan tindak kriminalitas, tidak mematuhi tata tertib sekolah, tidak mematuhi perintah guru, dan lain sebaginya. Hal ini memicu seorang pendidikuntuk mengupayakan perubahan tatanan dalam hal pendidikan untuk mengembalikan tingkat akidah akhlak peserta didik sebagaiman yang diharapkan tujuan pendidikan.Yakni memiliki nilai-nilai, norma-norma dan juga akhlak karimah.. Adapun fokus penelitian yang diambil peneliti, sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlaqul karimah sopan santun peserta didik kelas VI di MIN 1 Rejotangan? 2) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlaqul karimah kejujuran peserta didik kelas VI di MIN 1 Rejotangan? 3) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlaqul karimah kedisiplinan peserta didik kelas VI di MIN 1 Rejotangan? Dalam penyusunan skripsi ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi di MIN 1 Rejotangan Tulungagung. Dengan sumber data waka kurikulum, guru akidah akhlak dan peserta didik dengan menggunakan metode (1) wawancara, (2) Observasi, (3) dokumentasi. Dilanjutkan dengan analisis data berupa, (1) reduksi data, (2) penyjian data, (3) penarikan kesimpulan. Setelah itu peneliti mengecek dan menguji keabsahan data dengan teknik: (1) uji kredibilitas data, (2) uji transferability, (3) uji dependability, (4) uji confirmability. Hasil yang ditemukan oleh peneliti adalah sebagai berikut: Strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlaqul karimah sopan santun peserta didik kelas VI di MIN 1 Rejotangan dengan 1) Keteladanan. 2) Ceramah. 3) Pembiasaan. 4) Memberikan reward. Strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlaqul karimah kejujuran peserta didik kelas VI di MIN 1 Rejotangan dengan 1) Tata tertib. 2) Sanksi. 3) Keteladanan. 4) Memberikan reward. Strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlaqul karimah kedisiplinan peserta didik kelas VI di MIN 1 Rejotangan 1) Tata tertib. 2) Pembiasaan. 3) Menjalin kerjasama. 4) Ceramah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173276 NORISWANA AYNAYA AL AZIZAH
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:55
Last Modified: 19 Jan 2022 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24220

Actions (login required)

View Item View Item