Hubungan Antara Kepribadian dan Minat Belajar Anak Terhadap Prestasi Matematika Siswa Kelas VIII DI SMP Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011

ADHITAMA, LUVY (2011) Hubungan Antara Kepribadian dan Minat Belajar Anak Terhadap Prestasi Matematika Siswa Kelas VIII DI SMP Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (95kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (114kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (27kB)
[img] Text
sampul dalam.docx

Download (38kB)
[img] Text
sampul luar.docx

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.docx

Download (22kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Luvy Adhitama. Nim. 3214073040, 2011.”Hubungan Antara Kepribadian Dan Minat Belajar Anak terhadap Prestasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2010/2011”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), Pembimbing: Anissatul Mufarokah, M.Pd. Kata Kunci: Hubungan Antara Kepribadian dan Minat Belajar, Prestasi Matematika. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh opini masyarakat yang mengangap matematika merupakan mata pelajaran sulit, membingungkan bahkan sangat ditakuti oleh sebagian besar pelajar. Hal tersebut terlihat dari rendahnya prestasi belajar yang diperoleh siswa dalam mata pelajaran matematika. Dari banyak faktor yang mempengaruhi, dalam penelitian ini faktor kepribadian dan minat belajar anak yang mempengaruhi prestasi matematika. Berdasarkan ini masalah pokok yang diteliti dalam penelitian ini adalah hubungan antara kepribadian dan minat belajar anak terhadap prestasi matematika siswa kelas VIII E SMPN 1 Boyolangu Tulungagung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Adakah hubungan yang signifikan antara kepribadian anak terhadap prestasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu tahun pelajaran 2010/2011?, 2) Adakah hubungan antara minat belajar anak terhadap prestasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu tahun pelajaran 2010/2011 ?, 3) Adakah hubungan antara kepribadian dan minat belajar anak terhadap prestasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu tahun pelajaran 2010/2011 ?. Tujuan pada penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adakah hubungan antara kepribadian anak terhadap prestasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu tahun pelajaran 2010/2011, 2) Untuk mengetahui adakah hubungan antara minat belajar anak terhadap prestasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu tahun pelajaran 2010/2011, 3) Untuk mengetahui adakah hubungan yang siknifikan antara kepribadian dan minat belajar anak terhadap prestasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 361 siswa dan 40 siswa sebagai sampel berdasarkan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan regresi ganda dengan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) 16.0 for Windows. Hasil analisis disimpulkan: 1) Ada hubungan yang signifikan antara kepribadian anak terhadap prestasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu tahun pelajaran 2010/2011, berdasarkan nilai pada taraf Sig.(2-tailed) 0.027 < 0,05. 2) Ada hubungan yang signifikan antara minat belajar anak terhadap prestasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu tahun pelajaran 2010/2011, berdasarkan nilai pada taraf Sig.(2-tailed) 0.006 < 0,05. 3) Ada hubungan yang signifikan antara kepribadian dan minat belajar anak terhadap prestasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu tahun pelajaran 2010/2011, berdasarkan nilai signifikansi Fhitung (= 46.003) > Ftabel (5% = 3,25 dan 1% = 5,21) dan pada taraf Sign 0,000 < 0,05. Sedangkan persentase antara kepribadian dan minat belajar anak terhadap prestasi matematika didapatkan 71,3%, dan sisanya 28,7% dipengaruhi oleh variabel lain, selain dari kepribadian dan minat belajar anak tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 29 Sep 2015 03:23
Last Modified: 29 Sep 2015 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2423

Actions (login required)

View Item View Item