MUHAMMAD ALI MASYURF, 17402163136 (2021) PENGARUH MODAL USAHA, KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA, DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM (Studi Kasus UMKM Desa Kendal Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (701kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Modal Usaha, Kualitas Sumberdaya Manusia, dan Bauran Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM (Studi Kasus UMKM Desa Kendal Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Muhammad Ali Masyurf NIM. 17402163136. Pembimbing: Dr. Syafrudin Arif Marah Manunggal, M.S.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya persaingan di pasar bebas membuat usaha mikro kecil dan menengah harus mampu menghadapi tantangan dengan cara memperbaiki faktor-faktor yang menjadi pengaruh besar bagi usaha mikro kecil dan menengah, seperti meningkatkan permodalan, pengembangan kualitas sumberdaya manusia, dan sistem promosi dan perluasan area pemasaran. Diharapkan adanya modal usaha, kualitas sumberdaya manusia, dan bauran pemasaran (Marketing Mix) mempengaruhi pengembangan UMKM khususnya di Desa Kendal Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh modal usaha, kualitas sumberdaya manusia, dan bauran pemasaran (Marketing Mix) secara parsial dan bersama-sama terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil dan menengah di Desa Kendal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh modal usaha, kualitas sumberdaya manusia, dan bauran pemasaran (Marketing Mix) secara parsial dan bersama-sama terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil dan menengah di Desa Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 167 pelaku usaha. Dimana responden adalah seluruh pelaku usaha mikro kecil menengah di Desa Kendal Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Kuesioner, dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Regresi Linier Berganda, Uji Parsial (uji f), dan Uji Simultan (Uji F) menggunakan aplikasi SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Modal Usaha berpengaruh positif dan signifikan dalam mengembangkan UMKM Desa Kendal. Apabila Modal Usaha meningkat atau naik maka UMKM akan meningkat. 2) Kualitas SDM berpengaruh positif dan signifikan dalam mengembangkan UMKM Desa Kendal. Apabila kualitas SDM meningkat atau naik maka UMKM akan meningkat. 3) Marketing Mix berpengaruh positif dan signifikan dalam mengembangkan UMKM Desa Kendal. Apabila bauran pemasaran meningkat atau naik maka UMKM akan meningkat. 4) Modal usaha, kualitas sumberdaya manusia, dan Marketing Mix secara bersama-sama berpengaruh terhadap perkembangan UMKM di Desa Kendal. Artinya semakin meningkat modal usaha, kualitas sumberdaya manusia, dan bauran pemasaran (Marketing Mix) secara bersama sama maka perkembangan UMKM Desa Kendal akan meningkat. Kata kunci: Modal Usaha, Kualitas Sumberdaya Manusia, Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Pengembangan UMKM
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Modal Sumber Daya Manusia Ekonomi > Ekonomi Syariah Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | SE 17402163136 Muhammad Ali Masyruf |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 03:00 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 03:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24287 |
Actions (login required)
View Item |