PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MELALUI METODE WRITING IN HERE AND NOW KELAS X SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG

RISWANDA IMAWAN, 12210173099 (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MELALUI METODE WRITING IN HERE AND NOW KELAS X SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (543kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melalui Metode Writing In Here and Now Pada Siswa Kelas X SMKN 1 Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Riswanda Imawan, NIM. 12210173099, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Erna Iftanti, S, S,. M.Pd. Kata Kunci: Metode writing in here and now, teks biografi, keterampilan menulis. Suatu proses pembelajaran teks biografi yang tidak menggunakan suatu metode yang menarik dapat membuat siswa mengalami kesulitan dalam menulis teks biografi. Penelitian terdahulu membuktika bahwa metode “Writing In Here and Now” dapat mengatasi permasalahan menulis. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks biografi dengan menggunakan metode writing in here and now. Peneliti menggunakan suatu metode yang menarik dan efektif dalam proses pembelajaran tersebut yaitu metode writing in here and now. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan menulis teks biografi melalui metode writing in here and now. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pada peneltian ini adalah siswa kelas X AKL 1 SMKN 1 Bandung Tulungagung yang berjumlah 36 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Pada siklus I dan siklus II penilaian diambil dari 70% nilai tes dan 30% nilai presentasi siswa. Aspek yang dinilai dari penilaian tugas adalah aspek kesesuaian, ketepatan, kemenarikan cerita, jelas. Adapun aspek presentasi dinilai dari aspek intonasi suara, kelancaran bercerita, dan percaya diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran writing in here and now meningkat. Pada penelitian ini hasil observasi aktivitas pembelajaran dan hasil tes yang diberikan pada siswa meningkat pada siklus II. Hasil observasi aktivitas pembelajaran pada siswa meningkat dari 66 pada siklus I menjadi 81 pada siklus II. Pada siklus I nilai ketuntasan siswa hanya 44% dan meningkat pada siklus II yaitu 92% (Baik), hasil nilai ketuntasan meningkat karena adanya pembaharuan langkah-langkah dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode writing in here and now dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam hal keterampilan menulis teks biografi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Riswanda 12210173099 Imawan
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:05
Last Modified: 25 Jan 2022 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24348

Actions (login required)

View Item View Item