IMPLEMENTASI STRATEGI BISNIS ONLINE DALAM PEMASARAN IKAN HIAS PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PADA MASYARAKAT DESA WONOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

RAFI HERI ENDRAWAN, 12402173409 (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI BISNIS ONLINE DALAM PEMASARAN IKAN HIAS PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PADA MASYARAKAT DESA WONOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (744kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Strategi Bisnis Online dalam Pemasaran Ikan Hias Perspektif Ekonomi Islam pada Masyarakat Desa Wonorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Rafi Heri Endrawan, NIM. 12402173409, pembimbing Syamsul Umam, S.H.I., M.H. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena meningkatnya budidaya ikan hias dan mudahnya suplier memasarkan ikan hiasnya ke pasar cukup jauh jaraknya seperti Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, awalnya para supplier hanya coba-coba dan nekat karena faktor pandemi yang diharuskan dirumah saja. Hal ini tentu memanfaatkan potensi lingkungan yang mendukung yaitu ikan hias. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi bisnis online pemasaran ikan hias di desa Wonorejo Sumbergempol Tulungagung? 2) Apa kendala dan solusi pada bisnis online pemasaran ikan hias di desa Wonorejo Sumbergempol Tulungagung? 3) Bagaimanakah implementasi bisnis online dalam pemasaran ikan hias perspektif ekonomi islam pada masyarakat desa Wonorejo?. Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Mendeskripsikan strategi bisnis online pemasaran ikan hias di desa Wonorejo Sumbergempol Tulungagung. 2) Mendeskripsikan kendala dan solusi pada bisnis online pemasaran ikan hias di desa Wonorejo Sumbergempol Tulungagung 3) implementasi bisnis online dalam pemasaran ikan hias perspektif ekonomi islam pada masyarakat desa Wonorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilaksanakan di desa Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan dengan cara perpanjang kehadiran, ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ialah produk yang dihasilkan/dijual dari desa Wonorejo ini adalah lebih dari 40 berbagai jenis ikan hias, lokasi pengiriman/pasar yang dituju tidak hanya dalam pulau tetapi juga sampai luar pulau, pengiriman dilakukan dengan menggunakan mobil pick up dan jasa pengiriman dengan pesawat terbang. Promosi yang digunakan berbasis media online seperti facebook, instagram, penentuan harga jual adalah minimal dua kali lipat dari harga beli di petani/pengepul. Kendala seperti pergantian musim, pengiriman dan pemasaran bisa diminimalisir oleh petani ikan hias, suplier dan pengepul. Penerapan kepuasan dan kenyamanan pelanggan sudah mencerminkan sikap dagang Rasulullah SAW. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Bisnis Online, Prespektif Ekonomi Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > Toko Online
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173409 RAFI HERI ENDRAWAN
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:23
Last Modified: 25 Jan 2022 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24380

Actions (login required)

View Item View Item