TRI KURNIAWATI, 12205173179 (2022) PENGGUNAAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA PESERTA DIDIK DI MI DARUL HUDA POJOKNGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (877kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul ″Penggunaan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Peserta Didik di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung″ ini ditulis oleh Tri Kurniawati, NIM. 12205173179, pembimbing Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena alam dalam pembelajaran kurikulum 2013, mengingat guru masih cenderung dominan melakukan proses pembelajaran di dalam kelas sehingga pembelajaran terkesan membosankan, maka penggunaan strategi yang bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sehingga diharapkan dalam penggunaan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penggunaan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik kelas II pada mata pelajaran PKn di MI Darul Huda Pojok Ngantru? (2) Bagaimana penggunaan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar ranah afektif peserta didik kelas II pada mata pelajaran PKn di MI Darul Huda Pojok Ngantru? (3) Bagaimana penggunaan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar ranah psikomotorik peserta didik kelas II pada mata pelajaran PKn di MI Darul Huda Pojok Ngantru?. Penelitian ini dilakukan di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan menggunakan triangulasi data, adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan : (1) Cara meningkatkan hasil belajar ranah kognitif menggunakan menggunakan strategi CTL dengan cara guru membangun konsep siswa melalui pembentukan sendiri pengetahuan yang didapat dengan pengalaman yang telah diperoleh dari kehidupan sehari-hari, guru melakukan strategi yang mendorong siswa untuk berfikir aktif di dalam kelas, guru melakukan strategi pembelajaran yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. (2) Cara meningkatkan hasil belajar ranah afektif menggunakan strategi CTL dalam cara pembiasaan sikap atau karakter berdasarkan nilai dan etika islam, penanaman sikap sosial yang tinggi sebagai fungsional learning sesuai dengan konteks yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. (3) Cara meningkatkan hasil belajar ranah psikomotorik menggunakan strategi menggunakan strategi CTL dengan cara guru melakukan kolaborasi dengan dengan pengunaan media pembelajaran dan peserta didik melakukan langsung yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173179 TRI KURNIAWATI |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 03:11 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 03:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24527 |
Actions (login required)
View Item |