ANALISIS BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA FEBI IAIN TULUNGAGUNG DI TENGAH PANDEMI COVID-19

MUHAMMAD FIKRI SALAM, 17402163137 (2022) ANALISIS BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA FEBI IAIN TULUNGAGUNG DI TENGAH PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (926kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Belanja Online pada Mahasiswa FEBI IAIN Tulungagung di Tengah Pandemi Covid-19”. Ditulis oleh Muhammad Fikri Salam, NIM. 17402163137, dengan dosen pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya Pandemi Covid 19 yang membatasi ruang gerak mahasiswa FEBI IAIN Tulungagung dalam segala aktivitas di luar rumah termasuk dalam hal belanja. Adanya pandemi ini mendorong mahasiswa untuk melakukan belanja online sebagai alternatif dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan 1) untuk mengetahui motif belanja mahasiswa FEBI IAIN Tulungagung pengguna online shop di tengah Pandemi Covid-19, 2) untuk mengetahui gaya hidup mahasiswa FEBI IAIN Tulungagung pengguna online shop di tengah Pandemi Covid-19, serta 3) untuk mengetahui perilaku belanja online pada mahasiswa FEBI IAIN Tulungagung di tengah Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dan naturalistik. Adapun subjek penelitian merupakan mahasiswa FEBI IAIN Tulungagung pengguna online shop. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motif belanja online mahasiswa FEBI IAIN Tulungagung adalah untuk memenuhi kebutuhan dan memperluas pasar, adanya kemudahan akses dan penggunaan yang praktis, ketersediaan barang serta spesifikasinya, harga barang yang relatif lebih murah, banyaknya promo dan diskon yang ditawarkan, adanya pengaruh teman dan lingkungan sekitar, serta adanya pengaruh dari Pandemi Covid-19. 2) Gaya hidup mahasiswa FEBI IAIN Tulunggagung yang melakukan belanja online di tengah Pandemi Covid-19 adalah gaya hidup modern namun bersifat rasional. Hal tersebut ditunjukkan melalui cara hidup dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomi dan nilai guna produk, memperhatikan tingkat kepuasaan dan memperhatikan skala prioritas. Hal itu diperkuat dengan motif belanja yang ditunjukkan mahasiswa. 3) Perilaku belanja online yang ditunjukkan oleh mahasiswa FEBI IAIN Tulungagung di tengah Pandemi Covid-19 adalah perilaku belanja yang bersifat rasional, serta tidak ditemukan perilaku konsumtif dalam belanja online khususnya selama Pandemi Covid-19. Hal tersebut ditunjukkan dengan belanja sesuai kebutuhan, tidak berlebih-berlebihan, serta adanya pertimbangan mengenai aspek maslahah dan aspek keberkahan. Kata Kunci : Motif Belanja, Gaya Hidup, Belanja Online, Pandemi Covid-19.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Belanja Online
Covid-19
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163137 MUHAMMAD FIKRI SALAM
Date Deposited: 31 Jan 2022 08:05
Last Modified: 31 Jan 2022 08:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24546

Actions (login required)

View Item View Item