ISMI MILA AZMI, 12205173316 (2022) Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Motivasi Belajar Pada Anak Usia Sekolah Kelas IV MIN 1 Kediri. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (6MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Motivasi Belajar Pada Anak Usia Sekolah Kelas IV MIN 1 Kediri" ini ditulis oleh Ismi Mila Azmi, NIM 12205173316, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakulats Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, tahun 2021, dosen pembimbing: Zun Azizun Hakim, M.Psi., NIP 198509302014031003. Kata Kunci : Dukungan Sosial Orang Tua, Motivasi Belajar Penelitian ini di latar belakangi karena merebaknya penyebaran covid-19 di penjuru dunia mengakibatkan perubahan sosial yang berimbas pada penyesuaian proses kegiatan belajar mengajar. Persiapan yang belum baik mengakibatkan banyak kendala yang dihadapi terutama peserta didik dikarenakan proses pembelajaran yang beda dari sebelumnya. Orang tua memiliki peran yang besar selama kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di rumah. Dukungan dan interaksi yang diberikan orang tua diharapkan mampu memotivasi belajar sebagai peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Dukungan sosial yang dimaksud dalam penelitian ini adalah sumber dukungan yang di dapat dari orang tua yang mengacu pada kenyamanan, kepedulian, serta bantuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas IV MIN 1 Kediri ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik MIN 1 Kediri. Sampel yang peneliti gunakan sebanyak 58 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan untuk variabel X dan Y adalah angket. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini antara lain tabulasi data, uji validitas dan reliabilitas data, deskripsi data, uji normalitas data, uji linearitas data, pengujian hipotesis, dan terakhir kesimpulan. Dalam penelitian ini didapatkan hasil rata rata skor dukungan sosial orang tua sebesar 56,17 dengan standar deviasi 7,930 dan rata-rata skor motivasi belajar sebesar 30,05 dengan standar deviasi 4,119. Hasil uji hipotesis menunjukkan signifikansi sebesar 0,000. Nilai p ≤ 0,05 yang menunjukkan bahwa dalam penelitian ini menyatakan bahwa adanya hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa. Kategori subjek berdasarka dukungan sosial orang tua menunjukkan 37 peserta didik (64%) berada pada kategori kelompok sedang, dan 21 peserta didik (36%) berada dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan kecenderungan variabel dukungan sosial orang tua peserta didik berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 37 peserta didik (64%) dari jumlah sampel sebanyak 58 peserta didik. Kategori ini menunjukkan bahwa sebagian besar subjek penelitian memiliki dukungan sosial orang tua yang cukup. Sedangkan motivasi belajar daring peserta didik menunjukkan 46 peserta didik (79 %) berada pada kategori kelompok sedang, dan 12 peserta didik (21 %) berada dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan kecenderungan variabel motivasi belajar peserta didik berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 46 peserta didik (79%) dari jumlah sampel sebanyak 58 peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Motivasi Belajar Peradilan Islam > Orang Tua |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173316 Ismi Mila Azmi |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 07:00 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 07:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24614 |
Actions (login required)
View Item |