NILA RIVA’I FAIRUZ JANNATI, 17204163051 (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIAKAN SOAL MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X MIPA DI SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (157kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (276kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (892kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (843kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (133kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Matematika Materi Trigonometri Kelas X MIPA di SMAN 1 Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Nila Riva’i Fairuz Jannati, NIM. 17204163051, 2021, Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing: Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata-kata kunci : Berpikir Kreatif, Trigonometri Kelas X MIPA Fenomena yang terjadi saat peneliti mengajar mata pelajaran matematika di Kelas X MIPA 3 SMAN 1 Kauman Tulungagung, masih terdapat siswa yang kurang aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar. Selain itu, siswa hanya diberikan permasalahan dan penyelesaian yang ada di Lembar Kerja Siswa (LKS) sehingga siswa hanya terpacu pada contoh-contoh soal di buku mereka. Sehingga siswa terbiasa menyelesaikan soal matematika dengan menggunakan satu cara (metode) saja. Hal tersebut mengakibatkan siswa tidak mempunyai kebebasan atau keterbukaan untuk menyelesaikan permasalahan sesuai dengan kemampuan berpikir kreatifnya. Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif serta tingkat berpikir kreatif siswa, peneliti menggunakan tiga indikator yaitu, kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif pada siswa berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaiakn soal matematika materi trigonometri kelas X MIPA di SMAN 1 Kauman Tulungagung; (2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif pada siswa berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaiakn soal matematika materi trigonometri kelas X MIPA di SMAN 1 Kauman Tulungagung; (3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif pada siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaiakn soal matematika materi trigonometri kelas X MIPA di SMAN 1 Kauman Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas X MIPA 3, yaitu 2 siswa yang berkemampuan matematika rendah, 2 siswa yang berkemampuan matematika sedang dan 2 siswa yang berkemampuan matematika tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tulis, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verification. Hasil penelitian ini adalah: (1) Siswa yang berkemampuan matematika rendah berada pada tingkat 0 (tidak kreatif) karena tidak ada indikator berpikir kreatif yang mampu dipenuhi, dan tingkat 1 (kurang kreatif) karena hanya mampu memenuhi indikator kefasihan saja; (2) Siswa yang berkemampuan matematika sedang berada pada tingkat 1 (kurang kreatif) karena hanya mampu memenuhi indikator kefasihan saja dan tingkat 3 (kreatif) karena mampu mencapai indikator kefasihan dan fleksibilitas; (3) Siswa yang berkemampuan matematika tinggi berada pada tingkat 3 (kreatif) karena mampu mencapai indikator kefasihan dan fleksibilitas dan tingkat 4 (sangat kreatif) karena mampu mencapai ketiga indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163051 NILA RIVA’I FAIRUZ JANNATI |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 07:59 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 07:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24708 |
Actions (login required)
View Item |