STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN MINAT KONSUMEN (Studi pada Wirausaha Percetakan di Kabupaten Tulang Bawang Barat)

FAJAR IMAM MALIK, 12402173581 (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN MINAT KONSUMEN (Studi pada Wirausaha Percetakan di Kabupaten Tulang Bawang Barat). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)

Abstract

iABSTRAKi Skripsi berjudul “Strategi Pengembangan Usaha dalam Meningkatkan Produktivitas dan Minat Konsumen Studi pada Wirausaha Percetakan di Kabupaten Tulang Bawang Barat,” ditulis oleh Fajar Imam Malik, NIM. 12402173581, iJurusan EkonomiiSyariah, FakultasiEkonomi dani Bisnisi Islam, Universitasi Islam Negerii Sayyid Alii Rahmatullahi Tulungagung, idibimbing olehiSiswahyudianto, iS.Pd.I, iM.M. Perkembangan dunia bisnis saat ini menjadikan peta persaingan semakin ketat. Ketatnya persaiangan pada sektor bisnis ini kemudian menjadikan hal yang harus menjadi perhatian bagi pelaku usaha dalam mengambangkan ataupun menjaga eksistensinya. Perkembangan teknologi yang terjadi juga menjadikan sebuah kelebihan dan kekurangan pada ketatnya persaingian pelaku bisnis. Salah satunya persaingan pada pelaku usaha percetakan. Perkembangan usaha percetakan di kabupaten Tulang Bawang Barat sendiri masih membutuhkan perhatian khusus, agar tetap dapat bersaing dengan tantangan perkembangan dunia bisnis yang terjadi di era modern. Fokus penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana startegi yang digunakan untuk pengembangan usaha percetakan?, 2) Bagaimana strategi yang digunakan untuk menarik minat konsumen?, 3) Bagaimana kendala dan solusi dalam upayaipengembangan usahaipercetakan diiKabupaten Tulang BawangiBarat?. Penelitianiini menggunakani pendekatan kualitatifi deskriptif yaitu dilaksanakaniuntuk mengetahuii sebuah gejalai secara naturalistik, I kemudian menariki kesimpulan secarai deskriptif sesuaii kondisi sebenarnya. iTeknik pengumpulanidata yang digunakaniyaitu observasi,wawancara, idan dokumentasi. Hasilipenelitian iniimenunjukkan bahwa: i1) Strategi pengembangan usaha yang dilaksanakan pada usaha percetakan di Kabupaten Tulang Bawang Barat, dilaksanakan dengan beberapa konsep pengembangan. Percetakan di Kabupaten Tulang Bawang Barat secara umum diidentifikasi dalam pengembangan usahanya memperhatikan 3 aspek mulai dari efisiensi biaya dan proses produksi, efisiensi pemasaran dan penjualan yang dilaksanakan, dan menjaga kualitas produk agar tetap sesuai standard yang telah ditetapkan. 2) Strategi yangidigunakan oleh pihak percetakan khususnya dalam menarik minat konsumen dengan menitik beratkan pada promosi yang dilaksanakan. Secara teknis bagi percetakan di Kabupaten Tulang Bawang Barat upaya mempertahankan kualitas produk menjadi kunci dalam mempertahankan konsumennya. Hal ini dilaksanakan mulai dari tahapan pemilihan bahan baku, proses pengolahan, proses pengemasan hingga proses distribusi yang dilaksanakan. 3) Kegiatan atau bisnis pada percetakan di Kabupaten Tulang Bawang Barat yang dilaksanakan terdapat beberapa kendala, umumnya yaitu mengarah pada modal, bahan baku yang terbatas, dan penurunan daya beli masyarakat yang menurun hingga mengakibatkan biaya produksi tak seimbang dengan pendapatan. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Usaha, Produktivitas, Minat Konsumen Wirausaha Percetakakan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173581 FAJAR IMAM MALIK
Date Deposited: 11 Feb 2022 03:31
Last Modified: 11 Feb 2022 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24846

Actions (login required)

View Item View Item