STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

IMANIATI KHIDMATUL JANNAH, 12201173059 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (772kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (928kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (359kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Imaniati Khidmatul Jannah, NIM 12201173059, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2021, Dosen Pembimbing: Dr. Nuryani, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Perencanaan, Langkah, Kendala dan Solusi, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena diperlukannya pembentukan karakter peserta didik. Banyak permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan, salah satunya permasalahan dalam pendidikan karakter. Banyak peserta didik yang belum menunjukkan kualitas karakter yang baik. Kedudukan karakter yang baik dalam kehidupan manusia menempati posisi yang sangat penting, baik dalam kehidupan individu, maupun masyarakat dan berbangsa. Jatuh bangunnya suatu bangsa bergantung kepada kualitas karakter bangsa tersebut Dalam hal ini peneliti mengaitkan strategi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter peserta didik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana langkah Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana kendala dan solusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas VII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian data yang digali berdasarkan dua sumber, yaitu: (1) data primer dan (2) data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, pengecekkan keabsahan data temuan dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Perencanaan kegiatan sekolah didasarkan pada visi, misi dan tujuan sekolah dan perencanaan yang dipersiapkan oleh guru pendidikan agama islam didalam kelas berpedoman pada RPP, silabus dan bahan ajar. (2) Langkah Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik melalui pembiasaan yaitu kegiatan sekolah dengan melaksanakan sholat dhuha, membaca Yasiin dan sholat dhuhur berjama’ah. Kedua, dengan penanaman kedisiplinan dengan penerapan tata tertib. Ketiga, melalui keteladanan yaitu pendidik memberikan contoh ucapan dan perbuatan yang baik untuk ditiru oleh peserta didik sehingga peserta didik pun memiliki ucapan atau perbuatan yang baik. (3) Kendala dan solusi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter peserta didik berupa masih terdapat beberapa peserta didik yang belum menunjukkan karakter yang baik serta orang tua yang belum bekerja sama dalam pembentukan karakter. Kemudian, solusi guru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter yaitu dengan memberi teguran atau arahan dan memberikan penilaian kompetensi, keterampilan dan sikap, hal ini bertujuan untuk melihat perkembangan peserta didik yang dapat dilihat didalam Raport.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Sumber Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173059 IMANIATI KHIDMATUL JANNAH
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:01
Last Modified: 31 Mar 2022 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25448

Actions (login required)

View Item View Item