KORELASI ANTARA KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MENGKONSTRUKSI SOAL PADA SISWA KELAS VII MTsN ARYOJEDING TAHUN AJARAN 2014/2015

As'ad Tri Wahyudi, As'ad (2015) KORELASI ANTARA KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MENGKONSTRUKSI SOAL PADA SISWA KELAS VII MTsN ARYOJEDING TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img] Text
1.Sampul Depan.docx

Download (81kB)
[img] Text
10.Abstrak..docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB 1 - Copy.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB 2 - Copy.docx

Download (71kB)
[img] Text
Bab 3 - Copy.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB 4 - Copy.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB 5 - Copy.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran Daftar Rujukan.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Wahyudi, As’ad Tri. 3214113054. 2015. Korelasi Antara Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Mengkonstruksi Soal pada Siswa Kelas VII MTsN Aryojeding Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung, Pembimbing. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Berpikir Kreatif Mengkonstruksi Soal, Matematika Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diberikan dalam semua jenjang pendidikan di Indonesia. Salah satu tujuan penting dari pembelajaran matematika adalah menumbuhkan kekreatifan siswa. Untuk membantu mendorong dan mewujudkan hal tersebut membutuhkan sesuatu yang dapat memaksimalkannya. Karena ilmu matematika berisikan konsep-konsep yang saling berhubungan satu sama lainnya Maka dalam hal ini, peneliti menghubungkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan kemampuan berpikir kreatif mengkonstruksi soal pada siswa kelas VII di MTsN Aryojeding. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep matematika dengan kemampuan berpikir kreatif mengkonstruksi soal pada siswa kelas VII di MTsN Aryojeding dan seberapa besar korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep matematika dengan kemampuan berpikir kreatif mengkonstruksi soal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan teknik analisis data statistik korelasi product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jenis cluster random sampling. Subjek penelitiannya dalah siswa kelas VII-G sejumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1), observasi, untuk mengetahui kondisi dan letak geografis MTsN Aryojeding (2) dokumentasi, untuk mengetahui keadaan guru dan siswa serta data pendukung lainnya. (3) tes, untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kreatif mengkonstruksi soal pada siswa kelas VII di MTsN Aryojeding Data hasil penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan korelasi product moment. Hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi r_empirik=0,675 dan r_tabel=0,325 (n = 37 dan taraf signifikansi 0,05 atau 5%). Oleh karena r_empirik>r_tabel maka penelitian ini menunjukkan ada korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep matematika dengan kemampuan berpikir kreatif mengkonstruksi soal pada siswa kelas VII MTsN Aryojeding dan besar korelasi 0,675 yang berarti mendekati +1. Hal tersebut juga berarti korelasi tersebut merupakan korelasi positif kuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: As'ad Tri Wahyudi
Date Deposited: 02 Nov 2015 07:27
Last Modified: 02 Nov 2015 07:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2576

Actions (login required)

View Item View Item