STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PADA HOME INDUSTRY QTELLO AYU DESA GADOR KECAMATAN DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK

ROUDHOTUN NIKMAH, 12405183202 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PADA HOME INDUSTRY QTELLO AYU DESA GADOR KECAMATAN DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (562kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Produk dalam Menghadapi Persaingan Bisnis pada Home Industry Qtello Ayu Desa Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Roudhotun Nikmah, NIM. 12405183202, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, pembimbing Siswahyudianto, M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan bisnis yang semakin ketat dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, setiap perusahaan dituntut untuk lebih memperhatikan strategi yang digunakan dalam pengembangan produknya. Banyak perusahaan bermunculan yang memproduksi produk sejenis yang membuat para pelaku usaha harus berfikir keras agar produknya dapat diterima di pasaran. Pelaku usaha harus lebih kreatif dan lebih inovatif dalam menciptakan ide-ide baru sesuai dengan trend pasar saat ini. Hal ini bertujuan agar produk yang dipasarkan memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri sehingga berbeda dengan produk dari pesaingnya. Dengan melakukan pengembangan produk maka peluang suatu perusahaan mendapatkan pelanggan baru akan semakin tinggi, apabila pelanggan bertambah maka bisa dipastikan penjualan juga akan semakin meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana persaingan bisnis home industry Qtello Ayu Desa Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek? (2) Bagaimana strategi bersaing home industry Qtello Ayu Desa Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dalam perspektif bisnis syariah? (3) Bagaimana strategi pengembangan produk yang dilakukan oleh home industry Qtello Ayu yang bertempat di Desa Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dalam menghadapi persaingan bisnis? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) persaingan bisnis pada home industry Qtello Ayu dalam cakupan Desa tidak ada pesaing, sedangkan dalam cakupan Kecamatan terdapat 2 pesaing yaitu warung Bu Yati di desa Sumbergayam dan Bibis Milah di desa Malasan. (2) strategi bersaing home industry Qtello Ayu sudah dijalankan sesuai dengan prinsip bisnis syariah yaitu dengan pelayanan yang ramah, jujur, produk halal dan menyehatkan, amanah, dan bersaing secara sehat. (3) strategi pengembangan produk yang dilakukan home industry Qtello Ayu dalam menghadapi persaingan bisnis yaitu dengan meningkatkan kualitas produk melalui pemilihan bahan baku yang berkualitas, melakukan inovasi produk melalui bermacam-macamnya produk dengan variasi yang menarik dan berbeda dari yang lain, menciptakan lini produk baru dengan memodifikasi produk yang sudah ada yang terdiri dari Singju Krispi, dawet singkong, dan onde-onde singkong, menyempurnakan produk yang sudah ada dengan memperbaiki warna dan bentuk produk, meningkatkan keistimewaan produk melalui penambahan aksesoris pada produk, dan kemasan produk yang menarik menggunakan pouch, tampah, nampan, mika bening, mika coklat, besek, kardus putih dan kardus coklat dengan berbagai macam ukuran mulai dari ukuran kecil hingga besar. Kata Kunci : Pengembangan Produk, Persaingan Bisnis, Home Industry.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Entrepreneur
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Produksi
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Roudhotun Nikmah
Date Deposited: 30 May 2022 05:37
Last Modified: 30 May 2022 05:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25804

Actions (login required)

View Item View Item