STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI TOKO ONLINE DEWI MARYAM OFFICIAL TALUN BLITAR

RIZKI AFSARI, 12405183214 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI TOKO ONLINE DEWI MARYAM OFFICIAL TALUN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Pemasaran Perspektif Manajemen Bisnis Syariah Melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan di Toko Online Dewi Maryam Official Talun Blitar” ini ditulis oleh Rizki Afsari, NIM 12405183214, Pembimbing Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag. M.H.I. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan toko online yang tidak memiliki wujud fisik, membuat penjual harus bekerja keras untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan, seperti halnya Toko Online Dewi Maryam Official ini, toko ini memiliki produk yang cukup mahal dan memiliki sistem bayar dulu baru barang dikirim sehingga banyak pelanggan yang masih ragu untuk melakukan transaksi, maka untuk menangani masalah tersebut dibutuhkan strategi komunikasi pemasaran dengan manajemen yang baik untuk mencapai profit yang maksimal. Sebagai umat muslim wajib hukumnya untuk selalu mematuhi perintah Allah SWT dan menghindari hal yang dibenci oleh Allah SWT termasuk dalam kegiatan bisnis, maka dari itu penelitian ini akan menguak fakta manajemen strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial di Toko Online Dewi Maryam Official dalam perspektif manajemen bisnis syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan founder, customer service dan admin keuangan. Observasi dilakukan untuk mengamati secara langsung implementasi strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan. Dokumentasi dilakukan dengan mencari data-data yang diperlukan. Hasil penelitian pertama menunjukkan manajemen strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial yang diterapkan pada Toko Online Dewi Maryam ada beberapa langkah yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Hasil penelitian kedua menunjukkan bahwa manajemen strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Toko Online Dewi Maryam sudah sesuai dengan perspektif manajemen bisnis syariah hal ini ditunjukkan dalam setiap fungsi manajemennya dibuat dan dilaksanakan sesuai dengan panduan Islam, perencanaan dilakukan dengan sungguh-sungguh sesuai dengan surat Al-Insyirah ayat 7-8 serta dalam proses perencanaan strategi komunikasi founder mengharuskan customer service dalam melakukan komunikasi sesuai dengan syara’ wa adatan antara lain dengan bertutur kata lembut, benar, serta mudah dipahami oleh komunikan, pengorganisasian dilakukan dengan menempatkan SDM sesuai dengan kemampuannya sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 286, pengarahan dilakukan dengan 4 cara yaitu directing, coordinating, comunicating dan motivating sesuai dengan langkah yang dilakukan oleh para rasul atau sahabat dalam menggerakkan kaumnya, dan pada fungsi controlling founder dibantu leader customer service dalam melakukan pengendalian karena leader lebih unggul dari customer service lainya, hal tersebut sesuai dengan pandangan Islam untuk menjadi syarat mutlak bagi pimpinan supaya lebih baik dari anggotanya. Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Manajemen Bisnis Syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Belanja Online
Ekonomi > E-Commerce
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Toko Online
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183214 RIZKI AFSARI
Date Deposited: 06 Jun 2022 05:07
Last Modified: 06 Jun 2022 05:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25926

Actions (login required)

View Item View Item