LUTFIATUZZULFA, 12201183131 (2022) STRATEGI GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (STUDI KASUS MADRASAH IBTIBAIYAH PLUS AL MAHMUD DESA BACEM KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (289kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik (Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Plus Al Mahmud Desa Bacem Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar)” ditulis oleh Lutfiatuzzulfa, NIM. 12201183131, Jurusan Pendidikan Agama Islam, FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Saiful Bahri, S. Ag.,M. Pd. I, NIP. NIP. 19710105200701 . Kata Kunci: Strategi, Guru Pndidikan Agama Islam (PAI), Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya dampak globalisasi yang terjadi saat ini membawa masyarakat Indonesia semakin melupakan pendidikan karakter religius. Melihat begitu pentingnya karakter religius yang harus dimiliki peserta didik untuk membetengi dirinya dari berbagai pengaruh, maka guru melalui pendidikan agama Islam bertugas dan memiliki peran penting dalam dalam meningkatkan karakter religius yang sudah dimiliki peserta didik pada jenjang sebelumnya. Pendidikan karakter adalah sebuah sistem yang menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik, yang meliputi, komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut baik terhadap Tuhan yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, maupun bangsa, sehingga menjadi manusia insan kamil. Seperti penelitian ini yag dilakukan oleh peneliti di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al Mahmud Desa Bacem Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar?, (2) Bagaimana faktor penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar?, (3) Bagaimana implikasi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar?.Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar, faktor penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar, dan dampak guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus untuk menjelaskan secara mendalam tentang fenomena dalam kehidupan nyata. Teknik pengumpulan data: observasi partisipasif, wawancara, dan dokumentasi. Untuk megecek keabsahan data peneliti menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian: (1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar diwujudkan dalam pembuatan kegiatan keagamaan harian dan mingguan yang memasukkan nilai-nilai karakter religius didalamnya. Guru rumpun PAI juga melaksanakan program-program yang dapat meningkatkan karakter religius dari siswa-siswi MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar tersebut antara lain PAP (Penanaman Aqidah Pagi) yang meliputi murojaah, sarapan dan sholat dhuha, dan berbagai kegiatan hari besar islam. (2) Faktor penghambat strategi guru PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar terbagi menjadi hambatan yang berasal dari dalam dan luar sekolah. Faktor penghambatan strategi guru rumpun PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar yang berasal dari dalam sekolah yaitu keadaan lingkungan, jam belajar, pembiasaan kepada siswa, fasilitas madrasah, dan partisipasi siswa. Faktor penghambat strategi guru rumpun PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar yang berasal dari luar sekolah yaitu tingkat kecerdasan, latar belakang peserta didik, dan kerjasama orang tua. (3) Implikasi strategi guru rumpun PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar dapat dibagi menjadi dua hal dampak utama yaitu dampak yang diterima siswa dan dampak yang diterima siswa dan dampak yang diterima oleh pengajar atau guru sendiri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183131 LUTFIATUZZULFA |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 14:58 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 14:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26284 |
Actions (login required)
View Item |