PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SPINNING WHEEL PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH BUSTANUL ULUM BLITAR

QUMALA NUR AINI, 12210183065 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SPINNING WHEEL PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH BUSTANUL ULUM BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (487kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Qumala Nur Aini. NIM 12210183065. Skripsi dengan judul Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Spinning Wheel Pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Blitar. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Media Spinning Wheel, Kemampuan Menulis, Teks Deskripsi Penelitian ini dilandasi oleh kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran di MTs Bustanul Ulum Blitar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi teks deskripsi. Pendidik hanya sebatas menggunakan buku LKS yang di dalamnya berisi ringkasan materi dan latihan soal yang diberikan kepada peserta didik. Pendidik belum menerapkan media yang menarik untuk peserta didik dalam menulis teks deskripsi yaitu dengan menggunakan media spinning wheel. Oleh karena itu, perlu diuji apakah media tersebut berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik MTs Bustanul Ulum Blitar. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini, yaitu bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran spinning wheel terhadap keterampilan menulis teks deskripsi? Tujuan penelitian ini untuk menunjukkan pengaruh penggunaan media pembelajaran spinning wheel terhadap keterampilan menulis teks deskripsi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre eksperimental. Bentuk eksperimen yang digunakan adalah One Group Pre-Test Pos-Test Design. Pretest dilakukan sebelum diberikan perlakuan dengan menggunakan media spinning wheel, sedangkan postest dilakukan setelah diberikan perlakuan menggunakan media spinning wheel. Pada penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C MTs Bustanul Ulum Blitar berjumlah 30 peserta didik. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan tes dianalisa menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum diberikan perlakuan menggunakan media spinning wheel diperoleh rata-rata 58,17 dan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan menggunakan media spinning wheel diperoleh rata-rata 82. Selanjutnya pada pengujian perbedaan dua rata-rata hasil belajar peserta didik, diperoleh thitung = -12.978 (arah hipotesis negatif) dan ttabel=2048 taraf signifikasi 0,05%. Hasil dari thitung >ttabel sehingga Hoditolak dan H a diterima. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh media spinning wheel pada keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik kelas VII MTs Bustanul Ulum Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183065 Qumala Nur Aini
Date Deposited: 23 Jun 2022 05:00
Last Modified: 23 Jun 2022 05:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26309

Actions (login required)

View Item View Item