PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SRI MEI LESTARI, 12205183277 (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (137kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Sri Mei Lestari, NIM 12205183277 pembimbing Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci : Media Pembelajaran Video, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini di latarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif dan efesien. Hal itu dapat menimbulkan kurangnya motivasi belajar serta hasil belajar siswa. Maka dari itu, untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan media pembelajaran video sebagai salah satu perangkat pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu proses pembelajaran agar mencapai tujuan yang maksimal. Dengan penggunaan media pembelajaran video ini diharap siswa lebih termotivasi belajar dan mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Khususnya pada pelajaran IPA yang banyak menyertakan materi pada proses kehidupan. Media pembelajaran video sangat cocok dipakai sebagai penggambaran materi secara lebih konkret. Agar siswa lebih memahami materi dengan baik dan jelas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Adakah Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon, Sumbergempol, Tulungagung. 2) Adakah Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon, Sumbergempol, Tulungagung. 3) Adakah Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon, Sumbergempol, Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling sehingga menjadikan kelas IV-A sebagai kelas kontrol sedangkan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan angket dan tes. Intrumen angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan instrumen tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Instrumen soal sebelum digunakan untuk mendapatkan data, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis. Sedangkan uji hipotesis yang dilakukan menggunakan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan dengan analisis uji MANOVA diperoleh nilai tingkat signifikasi 0,003 < 0,05.2) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan dengan analisis uji MANOVA diperoleh nilai tingkat signifikasi 0,008 < 0,05. 3) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan dengan analisis uji MANOVA diperoleh nilai tingkat signifikasi 0,008 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183277 SRI MEI LESTARI
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:54
Last Modified: 23 Jun 2022 04:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26326

Actions (login required)

View Item View Item