PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LUAR KELAS TERHADAP MOTIVASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR

AININ HANIFAH, 12205183080 (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LUAR KELAS TERHADAP MOTIVASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (433kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (731kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Luar Kelas Terhadap Motivasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar” ditulis oleh Ainin Hanifah selaku mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pembimbing Bapak Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Luar Kelas, Motivasi, Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik Latar belakang penelitian ini adalah bentuk respon berlakunya masa new normal yang menjadi gerbang awal pembelajaran tatap muka setelah munculnya kebijakan pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia. Berlakunya kebijakan pembelajaran dalam jaringan yang mengharuskan siswa belajar dirumah dalam jangka waktu yang panjang, cukup membuat siswa menjadi jenuh sehingga kehilangan motivasi belajar. Namun setelah muncul kebijakan baru tentang masa new normal, perlu diketahui bagaimana cara meningkatkan motivasi siswa. Maka penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar pada masa new normal. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dan metode penelitian quasi eksperimen. Jenis data dalam penelitian ini ada 2 macam yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer pada penelitian ini yaitu angket yang diberikan kepada 13 responden. Sedangkan teknik pengumpulan data sekunder adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05, maka terdapat perbedaan yang nyata antara motivasi intrinsik siswa pada data pre-test dan post-test. (2) Diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05, maka terdapat perbedaan yang nyata antara motivasi ekstrinsik siswa pada data pre-test dan post-test. (3) Diperoleh hasil yaitu semua variabel dependen dan variabel independen memiliki hubungan yang signifikan. Maka dapat diketahui bahwa terdapat hubungan antara variabel Y1 dan Y2 dengan variabel X dan variabel independent canonical loading yaitu Y1 dengan nilai 0,42109 dan Y2 dengan nilai 0,91987. Maka yang memiliki hubungan yang tinggi adalah Y2. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat diketahui bahwa Ha rumusah masalah pertama diterima dengan kesimpulan yaitu metode pembelajaran luar kelas dapat meningkatkan motivasi intrinsik siswa pada mata pelajaran IPA di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Ha rumusan masalah kedua diterima dengan kesimpulan yaitu metode pembelajaran luar kelas dapat meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa pada mata pelajaran IPA di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Ha rumusan masalah ketiga diterima dengan kesimpulan yaitu metode pembelajaran luar kelas dapat meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran IPA di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh kepala sekolah untuk menambah pengetahuan atau keilmuan dalam bidang pendidikan terutama berhubungan dengan metode pembelajaran luar kelas dan sebagai pengambilan dasar keputusan untuk melengkapi sarana dan prasarana. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh waka kurikulum sebagai referensi untuk melakukan inovasi pendidikan dan sebagai dasar kebijakan peningkatan kualitas kurikulum. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu sumber untuk meningkatkan motivasi siswa dan sebagai dasar peningkatan kemampuan guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183080 Ainin Hanifah
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:41
Last Modified: 28 Jun 2022 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26663

Actions (login required)

View Item View Item