PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII DI MTsN 4 TULUNGAGUNG

MILA YULAN PRATIWI, 12204173063 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII DI MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (504kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Keterampilan Komunikasi dan Kreativitas Siswa Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Mila Yulan Pratiwi, NIM 12204173063. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: blended learning, keterampilan komunikasi, dan kreativitas Siswa saat ini dituntut untuk memiliki kecerdasan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan abad 21. US-based Partnership for 21st Century Skills (P21) mengi-dentifikasikan keterampilan abad 21 yaitu Critical Thinking Skills, Creative Thinking Skills, Communication Skills, dan Collaboration Skills. Keterampilan komunikasi dan kreativitas menjadi keterampilan abad 21 yang penting untuk dimiliki oleh siswa. Indonesia saat ini sedang mengalami krisis kesehatan dengan adanya pandemi covid-19. Dampaknya proses belajar dilaksanakan di rumah me-lalui pembelajaran daring. Tetapi sekarang “new normal life” telah diterapkan, oleh karena itu proses pembelajaran kembali normal dan berlangsung di sekolah. Pembelajaran campuran antara tatap muka dan pembelajaran online dirasa dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ada dan merupakan salah satu alternatif pembelajaran di era new normal. Model pembelajaran campuran ini adalah model pembelajaran blended learning. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap keterampilan komunikasi siswa. (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap kreativitas siswa. (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap keterampilan komunikasi dan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembe-lajaran blended learning sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan ko-munikasi dan kreativitas siswa. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabi-litas, normalitas, uji t, dan uji manova dengan menggunakan bantuan SPSS Statis-tics 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi pola bilangan kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. (2) Ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap kreativitas siswa pada materi pola bilanga kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. (3) Ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap keterampilan komunikasi dan kreativitas siswa pada materi pola bilangan kelas VIII MTsN 4 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173063 MILA YULAN PRATIWI
Date Deposited: 01 Jul 2022 05:41
Last Modified: 01 Jul 2022 05:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26805

Actions (login required)

View Item View Item