DEWI MUNADHIROH, 12208183183 (2022) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN DARING DAN TATAP MUKA KELAS XI MAN 2 KEDIRI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (637kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (345kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (419kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Perbandingan Prestasi Belajar Biologi pada Pembelajaran Daring dan Tatap Muka Kelas XI MAN 2 Kediri pada Materi Sistem Reproduksi” ditulis oleh Dewi Munadhiroh, NIM. 12208183183, dosen pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata kunci: Prestasi Belajar, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Tatap Muka, Sistem Reproduksi Manusia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilaksanakan selama masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan sebagian secara daring dan sebagian tatap muka secara langsung. Semua bidang termasuk pendidikan mengharuskan pembelajaran seperti ini, tidak lain yang telah dilaksanakan di MAN 2 Kediri ini. Pembelajaran secara daring maupun tatap muka secara langsung sma-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, terutama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI MAN 2 Kediri. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbandingan dalam pembelajaran daring dan tatap muka ini agar guru dapat mengetahui besarnya dan peningkatan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan apakah terdapat perbedaan prestasi belajar biologi pada pembelajaran daring dan tatap muka pada kelas XI MAN 2 Kediri, (2) Mendeskripsikan besarnya pengaruh pembelajaran daring dan tatap muka terhadap prestasi belajar biologi pada kelas XI MAN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian yaitu post-test only control design, melalui pemberian tes (post-test) terhadap dua kelas ekperimen untuk mengetahui prestasi belajar pada kedua kelas eksperimen tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar biologi pada pembelajaran daring dan tatap muka kelas XI pada materi sistem repduksi di MAN 2 Kediri. Dilihat dari nilai thitung kelas eksperimen 1 (daring) yaitu 2,179 > nilai ttabel yaitu 1,66724 dengan signifikansi 0,033 < 0,05. Dan nilai thitung kelas eksperimen 2 (tatap muka) yaitu 2,182 > nilai ttabel yaitu 1,66724 dengan signifikansi 0,033 < 0,05. (2) Besar pengaruh pembelajaran daring dengan pembelajaran tatap muka untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI MAN 2 Kediri pada materi sistem reproduksi sebesar 0,525055. Dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 1 (daring) yaitu 78,83333 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 (tatap muka) yaitu 85,42857, sehingga diperoleh selisih sebesar 6,59524. Berdasarkan tabel interpretasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh pembelajaran daring dengan pembelajaran tatap muka termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | MUNADHIROH DEWI |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 06:20 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 06:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29982 |
Available Versions of this Item
-
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN DARING DAN TATAP MUKA KELAS XI MAN 2 KEDIRI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. (deposited UNSPECIFIED)
- PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN DARING DAN TATAP MUKA KELAS XI MAN 2 KEDIRI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. (deposited 25 Aug 2022 06:20) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |