PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN DARING DAN TATAP MUKA KELAS XI MAN 2 KEDIRI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

DEWI MUNADHIROH, 12208183183 (2022) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN DARING DAN TATAP MUKA KELAS XI MAN 2 KEDIRI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (637kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Perbandingan Prestasi Belajar Biologi pada Pembelajaran Daring dan Tatap Muka Kelas XI MAN 2 Kediri pada Materi Sistem Reproduksi” ditulis oleh Dewi Munadhiroh, NIM. 12208183183, dosen pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata kunci: Prestasi Belajar, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Tatap Muka, Sistem Reproduksi Manusia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilaksanakan selama masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan sebagian secara daring dan sebagian tatap muka secara langsung. Semua bidang termasuk pendidikan mengharuskan pembelajaran seperti ini, tidak lain yang telah dilaksanakan di MAN 2 Kediri ini. Pembelajaran secara daring maupun tatap muka secara langsung sma-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, terutama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI MAN 2 Kediri. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbandingan dalam pembelajaran daring dan tatap muka ini agar guru dapat mengetahui besarnya dan peningkatan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan apakah terdapat perbedaan prestasi belajar biologi pada pembelajaran daring dan tatap muka pada kelas XI MAN 2 Kediri, (2) Mendeskripsikan besarnya pengaruh pembelajaran daring dan tatap muka terhadap prestasi belajar biologi pada kelas XI MAN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian yaitu post-test only control design, melalui pemberian tes (post-test) terhadap dua kelas ekperimen untuk mengetahui prestasi belajar pada kedua kelas eksperimen tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar biologi pada pembelajaran daring dan tatap muka kelas XI pada materi sistem repduksi di MAN 2 Kediri. Dilihat dari nilai thitung kelas eksperimen 1 (daring) yaitu 2,179 > nilai ttabel yaitu 1,66724 dengan signifikansi 0,033 < 0,05. Dan nilai thitung kelas eksperimen 2 (tatap muka) yaitu 2,182 > nilai ttabel yaitu 1,66724 dengan signifikansi 0,033 < 0,05. (2) Besar pengaruh pembelajaran daring dengan pembelajaran tatap muka untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI MAN 2 Kediri pada materi sistem reproduksi sebesar 0,525055. Dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 1 (daring) yaitu 78,83333 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 (tatap muka) yaitu 85,42857, sehingga diperoleh selisih sebesar 6,59524. Berdasarkan tabel interpretasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh pembelajaran daring dengan pembelajaran tatap muka termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: MUNADHIROH DEWI
Date Deposited: 25 Aug 2022 06:20
Last Modified: 25 Aug 2022 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29982

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item