UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MELALUI OPTIMALISASI PRODUK DAN PROMOSI DITINJAU DARI PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi Kasus pada Toko Perhiasan Emas Jelita Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek)

WIRAMA PANWA KHOIRUL MUNA, 12405183022 (2022) UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MELALUI OPTIMALISASI PRODUK DAN PROMOSI DITINJAU DARI PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH (Studi Kasus pada Toko Perhiasan Emas Jelita Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Melalui Optimalisasi Produk dan Promosi Ditinjau dari Perspektif Manajemen Bisnis Syariah (Studi Kasus pada Toko Perhiasan Emas Jelita Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek)” yang ditulis oleh oleh Wirama Panwa Khoirul Muna, NIM. 12405183022, yang dibimbing oleh Dr. Zulfatun Ni’mah, S.H.I., M.Hum. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan pada strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Perhiasan Emas Jelita dilihat dari perspektif manajemen bisnis syariah. Karena dari tahun ke tahun toko perhiasan emas Jelita mampu menjual produknya dengan jumlah output yang didapatkan mengalami kenaikan dan penurunan yang cukup stabil, semakin ramai peminat meskipun banyak toko emas lainnya di Pasar Gandusari. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana upaya optimalisasi produk dalam meningkatkan volume penjualan pada Toko Perhiasan Emas Jelita Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek?; 2) Bagaimana upaya optimalisasi promosi dalam meningkatkan volume penjualan pada Toko Perhiasan Emas Jelita Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek?; 3) Bagaimana upaya optimalisasi produk dan promosi dalam meningkatkan volume penjualan pada Toko Perhiasan Emas Jelita Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek ditinjau dari perspektif manajemen bisnis syariah? Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung dengan teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan pengecekan keabsahan data salah satunya menggunakan proses triangulasi. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa 1) Toko Perhiasan Emas Jelita melakukan optimalisasi produk untuk meningkatkan volume penjualan dengan cara penambahan desain baru setiap pasaran wage dan menyediakan jasa sepuh dan patri emas agar produk yang dipasarkan selalu dalam keadaan berkilau ketika ditawarkan kepada pembeli; 2) Toko Perhiasan Emas Jelita melakukan optimalisasi promosi untuk meningkatkan volume penjualan dengan cara melakukan penawaran melalui akun media sosial yaitu WhatsApp messenger yang berisikan berbagai macam informasi tentang produk perhiasan emas yang ditawarkan, mulai dari komposisi, model, berat, ukuran, harga, petunjuk pemakaian hingga pada diskon khusus yang akan diberikan apabila konsumen membeli dalam jumlah tertentu; 3) Optimalisasi produk dan promosi untuk meningkatkan volume penjualan pada Toko Perhiasan Emas Jelita sudah sesuai prinsip manajemen bisnis syariah karena konsep produk dan yang diterapkan sesuai dengan ajaran yang dijelaskan dalam Al-Qur’an. Sebaiknya Toko Perhiasan Emas Jelita selalu melakukan optimalisasi kualitas produk khusunya pada desain perhiasan dan memperbaiki kualitas jasa sepuh emas serta dapat meningkatkan promosi melalui sosial media yang lain seperti facebook, twitter dan instagram agar volume penjualan semakin meningkat. Kata Kunci: Optimalisasi, Produk, Promosi, dan Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akad
Ekonomi > Belanja Online
Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Etika Bisnis
Ekonomi > Gaya Hidup
Ekonomi > Harga
Ekonomi > Investasi
Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Kualitas Produk
Ekonomi > Laba
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Pasar
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Produksi
Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Toko Online
Ekonomi > Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: wirama 12405183022 wirama panwa khoirul muna
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:52
Last Modified: 02 Sep 2022 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30168

Actions (login required)

View Item View Item