Miasari, Nufita (2014) Penerapan Strategi Inquiry dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V di MI Assafiiyah Pikatan Wonodadi Blitar. [ Skripsi ]
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
2. BAB I.docx Download (44kB) |
||
Text
4. BAB III.docx Download (72kB) |
||
Text
3. BAB II.docx Download (209kB) |
||
|
Text
BAGIAN INTI.pdf Download (738kB) | Preview |
|
Text
5. BAB IV.docx Download (95kB) |
||
Text
6. BAB V.docx Download (59kB) |
||
Text
1. COVER SKRIPSIKU PALING BARUUU.doc Download (6MB) |
||
|
Text
BAGIAN AKHIR.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Prestasi Belajar IPA, dengan Penerapan Strategi Inquiry. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa kurang aktif dalam mencari pengetahuannya sendiri, siswa cenderung pasif dan hanya menuggu pemberian materi yang diberikan oleh guru, kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru. Sehingga prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Assyafiiyah Pikatan relatif rendah. Oleh karena itu pada penelitian tindakan kelas ini dicoba untuk mengatasi rendahnya prestai belajar siswa dengan menerapkan strategi inquiry dalam pembelajaran IPA. Strategi inquiry memiliki berbagai kelebihan yang pada dasarnya dapat mengatasi permasalahan yang ditemukan pada MI Assyafiiyah Pikatan. Diharapkan dengan pembelajaran tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi inquiry pada mata pelajaran IPA materi batuan dan tanah siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2013/2014 di MI Assyafiiyah Pikatan Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan strategi inquiry pada mata pelajaran IPA materi batuan dan tanah siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2013/2014 di MI Assyafiiyah Pikatan Wonodadi Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Mendiskripsikan penerapan strategi inquiry pada mata pelajaran IPA materi batuan dan tanah siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2013/2014 di MI Assyafiiyah Pikatan Wonodadi Blitar (2) Mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan strategi inquiry pada mata pelajaran IPA materi batuan dan tanah siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2013/2014 di MI Assyafiiyah Pikatan Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral dari Kemmis dan Taggart dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, melaksanakan tindakan, melaksakan pengamatan atau observasi dan melaksanakan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2013/2014 di MI Assyafiiyah Pikatan Wonodadi Blitar. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan prestasi belajar siswa, dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh guru yaitu pada tes awal nilai rata-rata siswa 59,09 dengan prosentase keberhasilan xviii 36,36%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 65,90 dengan prosentase keberhasilan 54,54%, dan pada waktu siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84,54 dengan prosentase keberhasilan 81,81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiry dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2013/2014 di MI Assyafiiyah Pikatan Wonodadi Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Dec 2014 07:10 |
Last Modified: | 04 Dec 2014 07:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/318 |
Actions (login required)
View Item |